Tragedi Kelam Kanjuruhan PT LIB Kapolri
Seorang anak melihat ke arah Stadion Kanjuruhan setelah terjadinya tragedi kelam (blok-A/Bob Bimantara Leander)

Belum Ada Kejelasan, Bupati Sebut Kemungkinan Perbaikan Stadion Kanjuruhan Ditunda

Kabupaten Malang, blok-a.com – Hingga saat ini perbaikan Stadion Kanjuruhan pasca tragedi 1 Oktober silam yang belum juga ada kejelasan dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo pernah berjanji akan melalukan perbaikan stadion yang menjadi markas klub sepak bola Aremania FC itu. Namun, hingga saat ini rencana tersebut masih jalan di tempat.

Bupati Malang, Sanusi mengatakan, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang juga masih menunggu keputusan dari pusat terkait janji Presiden Joko Widodo.

“Belum ada pemberitahuan. Nanti kita nunggu dari Menteri PUPR, sampai saat ini belum ada penjelasan atau pemberitahuan terkait stadion gak jadi di bangun,” ucap Sanusi saat ditemui pada Kamis (30/03/2023).

Dimungkinkan Sanusi, perbaikan Stadion Kanjuruhan yang menjadi lokasi tewasnya 135 nyawa itu tertunda. Namun, meskipun demikian dirinya tidak dapat memastikan secara pasti.

“Tapi kalau mungkin ketunda, mungkin iya. Tapi kalau pembangunannya itu tetap, karena itu janji presiden,” tegasnya.

Tak ambil pusing, orang nomor satu di jajaran Pemkab Malang ini mengatakan bahwa dirinya akan tetap mengoprasionalkan stadion kebanggaan Arek Malang itu, meskipun ada maupun tanpa perbaikan.

“Nanti mungkin untuk pemain lokal saja, kalau nanti dari PSSI atau FIFA akan di surveri lagi mana yang perku di perbaiki kalau event nasional, tapi kalau cukup seperti itu untuk pemain lokal ya gakpapa,” imbuhnya.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang, Nurcahyo mengaku hingga detik ini pihaknya tidak memiliki program pembangunan Stadion Kanjuruhan.

“Pemkab sampai saat ini tidak ada rencana program renovasi atau pembangunan ulang Stadion Kanjuruhan,” terang Nurcahyo saat dikonfirmasi Blok-a.com, Jumat (31/03/2023).

Hal tersebut dikatakan Nurcahyo, karena ada aspirasi Aremania dan keluarga korban yang tidak menginginkan Stadion Kanjuruhan dibangun, hal itu menjadi salah satu pertimbangan yang ia tampung sejuah ini.

Disinggung terkait pembangunan stadion di tempat baru, dirinya mengatakan akan mempertimbangkan hal itu. Sebab, pembangunan di tempat baru bukan perkara mudah menurutnya.

Senada dengan Bupati Malang, disinggung terkait rencana renovasi pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, Nurcahyo tak bisa berbicara banyak. Yang jelas, pihaknya juga belum menerima informasi tindak lanjut nasib Stadion Kanjuruhan.

“Untuk apa yang dikaji dan diaudit oleh kementrian itu semua dibicarakan di pusat. Pemkab tidak menerima informasi bagaimana tindaklanjutnya. Akhirnya tetap tidak bisa juga dilakukan renovasi,” tutupnya.

(ptu/bob)