Caption: Pada pertengahan bulan Januari 2023, Bawaslu Kota Batu akan buka pendaftaran Panwasdes dan Panwaslur. Selasa (10/1/2023)
Caption: Pada pertengahan bulan Januari 2023, Bawaslu Kota Batu akan buka pendaftaran Panwasdes dan Panwaslur. Selasa (10/1/2023). (blok-a/doi)

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwasdes dan Panwaslur Pertengahan Januari

Kota Batu, blok-a.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu buka pendaftaran Panitia Pengawas Tingkat Desa (Panwasdes) dan Panitia Tingkat Kelurahan (Panwaslur) pada 14 hingga 19 Januari 2023 mendatang.

Sedangkan tahapan pemberkasan peserta serta tes wawancara dari pada 31 Januari hingga 2 Februari, ditutup dengan hasil pengumuman peserta yang telah lolos tes pada 4 Februari.

Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rohman mengatakan persyaratan bagi pelamar yaitu ada 8 item yang harus dipenuhi.

“Harus menyerahkan surat lamaran yang di tujukan kepada panitia Panwascam, copy KTP dan Ijazah terakhir, daftar riwayat hidup dan surat keterangan sehat. Sistem pendaftaran secara offline, baik dari tahap awal hingga akhir,” jelasnya. Selasa (10/1/2023).

Abdur Rohman menegaskan, pihaknya akan melakukan perekrutan sesuai dengan regulasi, agar memperhatikan peserta dengan setidaknya 40 persen diisi oleh anggota perempuan.

“Selanjutnya, untuk satu desa atau kelurahan membutuhkan 1 personil. Sehingga untuk 19 desa dan 5 kelurahan maka membutuhkan 24 personil,” katanya.

Sebagai informasi, dasar perekrutan Panwasdes dan Panwaslur oleh Panwascam adalah keputusan Ketua Bawaslu Nomor : SYKP.01/K1/01/2023.Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan /Desa Pada Pemilu 2024. (doi/bob)