H. Ahmadun pemilik 'Kharisma Abadi' salah satu warga Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng yang melakukan sembelih hewan kurban dengan cara mandiri, Kamis (29/6/2023).(blok-a.com/Kuryanto)
H. Ahmadun pemilik 'Kharisma Abadi' salah satu warga Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng yang melakukan sembelih hewan kurban dengan cara mandiri, Kamis (29/6/2023).(blok-a.com/Kuryanto)

Antusiasme Warga NU Banyuwangi Sambut Hari Raya Kurban 2023

Banyuwangi, blok-a.com – Warga Nahdlatul Ulama (NU) hari ini, Kamis (29/6/2023) menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah/2023. Di Banyuwangi pelaksanaan Salat Id dilakukan di ratusan titik lokasi.

Dari hasil pantauan blok-a.com, salat Id dilaksanakan di beberapa titik, baik di ruang terbuka seperti lapangan, Masjid, bahkan di Musala, sesuai ketentuan PBNU.

Setelah mengerjakan salat Id, Warga NU melanjutkan dengan menyembelih daging kurban.

Antusiasme warga dalam menyambut hari raya kurban bukan hanya dilakukan oleh Pengurus Takmir Masjid maupun Musala, tetapi juga ada yang melakukan secara mandiri atau kelompok.

Seperti yang dilakukan H. Ahmadun, pemilik tempat cucian dan salon mobil ‘Kharisma Abadi’ warga Dusun Krajan, RT 03 RW 05, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng.

Sekretaris PCNU Banyuwangi, M Saifuddin atau Gus Udin (panggilan akrab) mengatakan, Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 ini, tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

“Mengacu data Idul Adha tahun 2022 sebelumnya, ada sekitar 2.500 ekor sapi dan hampir 14.000 ekor kambing yang disembelih sebagai kurban,” kata Gus Udin.

Sementara untuk data kurban tahun ini, PCNU Banyuwangi belum menerima laporannya secara komplit.

“Laporan detailnya baru akan diberikan setelah hari pelaksanaan kurban. Namun, saya memprediksi lebih dari 15 ribu hewan kurban akan disembelih tahun ini,” ujarnya.

PCNU Banyuwangi sudah memberikan instruksi kepada seluruh ranting dari tiap Kecamatan untuk melakukan pendataan jumlah hewan kurban. Termasuk jumlah warga yang memiliki prioritas utama dalam pendistribusian dading kurban.

“Untuk pembagian daging kurban, harap dilakukan dengan baik. Mendahulukan kepada mereka yang benar-benar layak mendapatkan,” tegasnya.

PCNU Banyuwangi juga mengimbau agar panitia kurban sebisa mungkin menghindari penggunaan bungkus plastik yang berlebihan terkait penggunaan plastik tersebut.

Gus Udin juga meminta agar warga NU di Banyuwangi mengambil sikap bijak pada Hari Raya Idul Adha 2023 kali ini. Menurutnya, tahun Idul Adha 1444 H ini bersamaan dengan tahun politik.

“Warga NU diharapkan bersikap bijak dan fokus dengan berdoa dan melakukan segala hal dengan baik,” ujarnya.

“Kita sampaikan untuk melaksanakan ibadah Idul Adha ini dengan sebaiknya karena ini adalah tahun Politik. Mari berdoa untuk yang terbaik,” imbuhnya. (kur/lio)