Ada 127 Bus Gratis dari Polda Jatim Untuk Balik Lebaran 2023

Ilustrasi bus gratis. (Dok. Okezone)
Ilustrasi bus gratis. (Dok. Okezone)

Surabaya, blok-a.com – Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur (Jatim) menyiapkan sebanyak 127 bus gratis untuk angkutan balik Lebaran 2023.

Direktur Lalu lintas Polda Jatim Kombes Pol. Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan, masyarakat bisa mendaftarkan diri balik gratis melalui pos pelayanan Operasi Ketupat Semeru 2023 yang didirikan Polres dan Polsek terdekat.

Ia mengatakan, pihaknya menargetkan pada Selasa (25/4/2023) sudah mulai ada keberangkatan bus untuk balik.

“Nanti saat mendaftar tinggal memberi informasi namanya siapa, nomor HP-nya berapa, kapan mau balik dan tujuan ke mana,” kata Taslim dalam keterangannya, Senin (24/4/2023).

Taslim mengatakan, untuk sementara target arus balik yang mengarah ke Jakarta. Namun rute balik gratis ini bisa jadi bertambah, tergantung dengan tingginya animo masyarakat.

“Misalnya banyak tujuan mudik balik ke daerah Jawa Barat, maka pihak Polda Jatim bakal mengakomodasi kebutuhan tersebut,” ujarnya.

Sedangkan untuk keberangkatan balik akan diselenggarakan di sejumlah kota/kabupaten. Namun kalau di wilayah itu jumlah pendaftarnya sedikit, Ditlantas Polda Jatim telah membuat skenario supaya lebih efektif.

“Misalnya di Pacitan hanya 10 orang, nanti (Polsek/Polres) dari Pacitan punya kewajiban mengantar ke Surabaya untuk berkumpul dengan yang lain supaya satu bus lebih efektif,” ucapnya.

Ia menyebut bahwa program balik gratis ini merupakan instruksi dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Polda Jatim menargetkan pada tanggal 2 Mei 2023 realisasi program ini sudah tuntas.

Untuk mewujudkan program ini, Taslim telah meminta satuan lalu lintas Polres jajaran Polda Jatim supaya menyediakan nomor hotline agar memudahkan masyarakat dalam mencari informasi mudik balik gratis.

“Nanti masyarakat juga bisa mendaftar online di saluran resmi yang saat ini sedang kita siapkan. Kita akan mengakomodasi semua kebutuhan masyarakat,” katanya.(lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?