Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana (Foto: Instagram/@dinkeslampung)
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana (Foto: Instagram/@dinkeslampung)

5 Fakta Kadinkes Lampung yang Tuai Sorotan karena Gaya Hidup Mewah

Blok-a.com – Berikut fakta-fakta terkait kasus Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung, Reihana Wijayanto, yang menjadi sorotan publik usai memamerkan barang mewahnya.

Seperti yang diketahui, Provinsi Lampung hingga kini masih jadi pembahasan di jagat dunia maya usai perkara kritik Lampung ‘Dajjal’ yang dilontarkan TikToker Bima Yudho Saputro.

Usai kegaduhan tersebut, kini Kadinkes Provinsi Lampung turut jadi sorotan karena gaya mewahnya. Hal tersebut diketahui dari foto-foto yang beredar di media sosial, gaya berpakaian Kadinkes Lampung Reihana Wijayanto yang terbilang mewah dan mahal.

Melihat hal tersebut, publik pun bertanya-tanya mengenai sumber kekayaan Reihana. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak fakta-fakta Kadinkes Lampung berikut ini.

1. Punya Koleksi Tas Mewah

Akun Twitter @PartaiSocmed membagikan kehidupan glamour dari kepala Dinkes Lampung, Reihana. Reihana disinyalir memiliki banyak koleksi tas mewah. Salah satunya adalah tas Hermes Birkin Togo Rouge Tomato yang memiliki harga sekitar Rp 200 juta. 

Tak hanya itu, Reihana juga memiliki koleksi tas mewah lainnya. Seperti misalnya LV – Petite Malle Souple yang dibanderol dengan harga Rp 47.303.520 juta. Kemudian ada juga tas Mini DIOR Book Tote yang bernilai Rp 41.370.000 juta, dan juga tas Lady Dior yang dibanderol mulai dari harga Rp 52 juta – Rp290 juta. 

“Kembali ke Lampung. Pejabat silih berganti, ada yg pensiun ada yg ketangkep KPK, tapi Reihana Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tetap bertahan hampir 14 tahun tak tergantikan. Mana harga second tas Hermes Birkin-nya saja hampir 200 juta, belum baju LV-nya!,” ungkap akun @partaisocmed.

2. Kisaran Gaji Reihana

Menurut informasi dari Website resmi Pemprov Lampung, Reihana tergolong sebagai ASN berpangkat Pembina Utama Madya atau dengan golongan IV D. Dengan jabatannya itu, Reihana Wijayanto diperkirakan memiliki gaji sekitar Rp3.447.200 – Rp5.661.700.

Sementara itu, gaji yang diterima Reihana Wijayanto itu belum termasuk bonus ataupun tunjangan-tunjangan lainnya. Gaji tersebut juga yang membuat warganet terkejut kalau Reihana memiliki berbagai koleksi tas mewah.

3. Menjabat Kadinkes Lampung Selama 14 Tahun

Tak hanya gaya hidup mewah, ternyata selama 14 tahun Reihana langgeng menjabat posisi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Reihana awalnya menjabat sebagai Kepala Dinkes Bandar Lampung, lalu bergeser naik sebagai Kepala Dinkes Lampung.

Jabatan Reihana sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung sudah bertahan di tiga era Gubernur yakni di masa Sjachroedin ZP, M Ridho Ficardo, hingga saat ini posisi tersebut diisi Arinal Djunaidi.

4. Total Kekayaan Reihana

Dilansir dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Selasa (18/4/2023), Reihana terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 16 Februari 2023 untuk periodik 2022. Dengan total harta kekayaan senilai Rp 2,7 miliar.

Menurut laporan tersebut nampak bahwa sebagian besar harta milik Reihana sebagai Kepala Dinas Kesehatan Lampung terdiri atas tanah dan bangunan dengan total nilai mencapai Rp 1,9 miliar.

Selain itu, ia juga tercatat memiliki alat transportasi dan mesin berupa 3 unit mobil dengan total nilai Rp 450 juta berupa mobil Nissan Elgrand Minibus tahun 2007, mobil Toyota Minibus tahun 2010 dan mobil Mercedes Benz V230/ Minibus tahun 2002.

Ada juga harta bergerak lainnya yang dimiliki Reihana senilai Rp 6,7 juta, kas dan setara kas Rp 300 juta, dirinya tidak memiliki surat berharga dan harta lainnya.

5. Mendapat Teguran Dari Gubernur

Usai memamerkan barang mewahnya, Kadinkes Lampung, Reihana pun disemprot Gubernur Arinal Djunaidi. Teguran ini disampaikan saat Arinal Djunaidi mengumpulkan semua Kepala Dinas di rumah dinasnya pada Senin 17 April 2023 lalu.

“Sudah pasti tidak boleh. Tetapi publikasi itu belum tentu di jam kerja, kalau dia sedang kerja tidak boleh. Sepatu saya juga kan dari luar negeri tapi enggak begitu ditonjolkan. Nah jadi jangan ditonjolkan ya Bu Reihana, yang lainnya juga, bila perlu kita sidak saja lah,” kata Arinal di depan para Kadis.

(hen)