Balai Kota Malang (blok-a/Syams Shobahizzaman)
Balai Kota Malang (blok-a/Syams Shobahizzaman)

3 Nama Muncul Jadi Kandidat Pj Wali Kota Malang, Ada Nama Pejabat Kabupaten Malang

blok-a.com Masa jabatan Wali Kota Malang, Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko bakal segera berakhir pada September 2023 mendatang.

Melihat kondisi tersebut, legislatif DPRD Kota Malang telah menentukan tiga
kandidat yang bakal berebut pada kursi Pj Wali Kota Malang guna mengisi kekosongan yang ada.

Perlu diketahui, ada tiga pintu yang berhak mengusulkan calon Pj Wali Kota. Selain dari DPRD Kota Malang, Kemendagri dan Pemprov Jawa Timur juga berhak memberikan usulan.

Ketiga kandidat tersebut yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten 2) Setda Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, Kamis (10/8/2023) saat dikonfirmasi blok a.com, mengatakan jika finalisasi ketiga nama kandidat tersebut dilakukan setelah 10 kali rapat dengan jajarannya. Menurutnya, ketiga nama tersebut telah sah untuk menjadi keputusan DPRD Kota Malang dan telah dianggap terbaik dari yang terbaik.

“Dari lima nama, mundur dua orang, sehingga diputuskan secara musyawarah mufakat untuk menambah penjaringan dengan melibatkan Sekda Kabupaten Malang. Setelah itu kami tanyakan mengenai kesediaannya kepada Sekda Kabupaten Malang ini di depan pimpinan fraksi DPRD Kota Malang dan beliau menyanggupi,” bebernya.

Dikatakan Made , pihaknya juga telah melakukan rapat fraksi, lalu diputuskan ketiga nama tersebut. Dalam penentuan ketiga nama kandidat tersebut, tentu berdasarkan pertimbangan yang obyektif.

Seperti halnya latar belakang pendidikan formal dan nonformal, serta titik beratnya yakni pada riwayat jabatan dari masing-masing kandidat.

“Tiga nama itu tentu tidak serta-merta. Dalam penentuannya sempat kita tarik ulur. Titik beratnya pada riwayat jabatan. Ini yang menjadi pilihan yang sangat obyektif,” tambah Made.

Riwayat jabatan dari Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, diungkapkan Made yaitu pernah menjadi camat, Bappeda Kabupaten Malang, Dinas PU, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Malang, kemudian menjadi Sekda Kabupaten Malang.

“Dia pernah jadi Plh Bupati Malang walaupun dua minggu, itu menjadi riwayat jabatannya. Kemudian pendidikan beliau pernah menempuh pendidikan diploma tata ruang ke Belanda,” urainya.

Kandidat lain juga memiliki pengalaman di birokrasi. Erik Setyo Santoso pernah dinas di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Dinas Perizinan Kota Malang, dan sekarang menjadi Sekda Kota Malang.

“Sedangkan Diah Ayu Kusuma Dewi pernah menjabat kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, staf ahli, asisten, dan beberapa kali menjadi pelaksana tugas (plt) kepala dinas,” beber Made , Kamis ( 10/8/2023 ) .

Untuk saat ini tiga calon kandidat tersebut masih dalam tahap pemberkasan yang selanjutnya akan dikirimkan ke pemerintah provinsi.

Berdasarkan penuturan Made, keputusan sosok Pj Wali Kota Malang terpilih diperkirakan dapat diumumkan secepatnya pada 20 September 2023, atau paling lambat H-1 sebelum masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang berakhir di 24 September 2023. (mg1/bob)