21 Juni Diperingati Hari Musik Sedunia, Ini Sejarah dan Temanya

World Music Day. (Free Vector)
World Music Day. (Free Vector)

blok-a.comWorld music day atau hari musik sedunia juga dikenal sebagai Fête de la Musique diperingati setiap 21 Juni tiap tahunnya.

Tujuan Hari Musik Sedunia adalah untuk mempromosikan musik dan keanekaragamannya.

Hari ini, orang-orang dari segala usia dan tingkat keahlian didorong untuk berkumpul dan membuat musik.

Hari Musik Sedunia dirayakan sebagai wujud menghargai musisi yang sudah menciptakan keindahan dan keragaman musik di seluruh dunia.

Pada 2023 ini, Hari musik sedunia mengangkat tema, “Melepaskan Harmoni: Merayakan Hubungan Budaya”.

Tema ini menekankan peran musik dalam memupuk persatuan dan merayakan hubungan budaya.

Pada hari ini, biasanya akan ada acara yang diselenggarakan di seluruh dunia untuk mendorong para seniman muda menampilkan bakat musik mereka.

Para musisi muda dan musisi amatir biasanya akan mempertunjukkan kebolehan mereka. Hari Musik Sedunia juga memungkinkan siapa saja memainkan instrumen favorit mereka di taman dan ruang terbuka untuk dinikmati orang-orang.

Sedangkan, David Ewen menyebutkan seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

Sementara, menurut etnomusikologis Alan P. Merriam mengungkapkan, musik merupakan lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide-ide maupun perilaku suatu masyarakat.

Sejarah Hari Musik Sedunia

Dirangkum dari laman CNBC.com, Menteri Seni dan Budaya Prancis saat itu, Jack Lange dan Maurice Fleuret yang merupakan seorang komposer Prancis, memulai Fête de la Musique.

Pada waktu itu Fête de la Musique atau festival musik diadakan di jalanan Paris. Keduanya mengamati bahwa konser musik belum bisa mengakomodir para musisi pemula dan amatir. 

Hari Musik Sedunia berasal dari Prancis dan dirayakan pertama kali pada 1982 sebagai Fête de la Musique atau Festival Musik di Perancis.

Maurice Fleuret yang menjadi Direktur Musik dan Tari di Kementerian Kebudayaan pada Oktober 1981, menjadi penggagas perayaan Hari Musik Sedunia.

Saat itu, Fleuret dan Menteri Kebudayaan Prancis, Jack Lange, mengamati bahwa konser musik pada saat itu tidak mewakili sebagian besar musisi anak muda yang berbakat memainkan alat musik.

Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk membuat sebuah festival musik yang terbuka untuk semua orang, terlepas dari usia, latar belakang atau kemampuan musik.

Sejak itu, Hari Musik Sedunia telah menjadi fenomena global, dirayakan di lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Hari itu bukan hanya perayaan musik tetapi juga perayaan keragaman budaya dan kekuatan musik untuk menyatukan orang.

Cara Merayakan Hari Musik Sedunia

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Musik Sedunia. Beberapa ide tersebut termasuk mendengarkan musik dari berbagai genre dan budaya.

Bisa juga menghadiri konser atau pertunjukan musik. Selain itu, kamu juga bisa bermain musik atau bernyanyi bersama teman-teman atau keluarga.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membagikan musik favorit Anda dengan orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa membuat playlist musik yang berisi lagu-lagu dari berbagai genre dan budaya.

SELAMAT HARI MUSIK SEDUNIA!

(mg1/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?