Pemkot Surabaya Kalah Gugatan Soal Dokumen Perizinan Trans Icon

Trans Icon Mall Surabaya (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)
Trans Icon Mall Surabaya (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)

Surabaya, blok-a.com – Upaya warga Jalan Menanggal, Surabaya untuk meminta fotocopy dokumen izin (IMB, Amdalalin dan AMDAL pembangunan The Trans Icon ke Pemkot Surabaya akhirnya dikabulkan Komisi Informasi.

Gugatan dilayangkan Aan Airnur Rofik selaku pemohon pada tanggal 2 Februari 2023 terbit putusan dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur dengan nomor: 61/I/KI-Prov.Jatim.PS-A/2023.

“Isi putusannya yakni memerintahkan Pemerintah Kota Surabaya untuk memberikan dokumen fotocopy dokumen izin pembangunan The Trans Icon (IMB, Amdalalin dan AMDAL) kepada pemohon,” terang Aan sapaan akrab Ketua RT.

Lanjut Aan Ainur Rofiq, terkait putusan Komisi Informasi tersebut, Pemkot Surabaya melakukan upaya hukum keberatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya pada tanggal 3 Mei 2023.

“Namun PTUN mengeluarkan putusan yang pada intinya menolak keberatan dari Pemkot Surabaya dan menguatkan putusan Komisi Informasi Jawa Timur,” kata Aan sambil menunjukkan surat putusan.

“Ini kemenangan warga, bahwa warga di sekitar Trans Icon berhak tahu dokumen izin pembangunannya. Karena yang terdampak adalah warga sekitar,” lanjutnya.

Gugatan putusan yang dilakukan tim hukum LKBH Bintang, Hasan Sodikin, SH dan Mudabir, SH sebagai kuasa hukum Aan Ainur Rofik sangat berterima kasih kepada majelis hakim.

“Putusan sangat mencerminkan rasa keadilan di masyakarat. Kemenangan ini bukan kemenangan kliennya saja, tapi merupakan kemenangan masyarakat Surabaya pada umumnya,” tutupnya.(kim/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?