Saksikan Penobatan Adipati Arya Wiraraja dan Kirab Budaya di Kota Tua Kalianget

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.

Sumenep, blok-a.com – Besok 28 Oktober adalah momentum hari lahirnya Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Bahkan sejak Arya Wiraraja dinobatkan sebagai Adipati Sumenep oleh Prabu Kertanegara dari Kerajaan Singosari, menandakan berdirinya pemerintahan Sumenep dibawah naungan Kerajaan Singosari Malang.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menetapkan Oktober sebagai bulan bersejarah. Di bulan ini pula, akhirnya jadi peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep (HJS) ke 754. Bulan Oktober ini jadi tonggak sejarah dimulainya pemerintahan Sumenep.

“Ayo saksikan dan datang ke acara prosesi penobatan raja pendiri Pemerintahan Kabupaten Sumenep ini. Masyarakat tidak hanya tahu penobatan Arya Wiraraja swbagai Adipati Sumenep. Melainkan masyarakat akan menikmati suguhan berbagai hiburan yang menakjubkan,” ajakan Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo kepada masyarakat, Jumat (27/10/2023).

Bupati Sumenep yang biasa disapa Cak Fauzi ini mengatakan sesuai rencana besarnya, Pemkab Sumenep akan menggelar prosesi penobatan Arya Wiraraja serta kirab budaya di Kota Tua Kalianget, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep. Tidak seperti biasanya yang digelar di Areal Taman Adipura dan Depan Masjid Agung Sumenep.

“Prosesi penobatan Adipati Arya Wiraraja itu akan dikemas dalam bentuk drama kolosal yang kental dengan nuansa Keraton. Berdirinya Kabupaten Sumenep tidak lepas dari peristiwa 754 tahun silam. Yakni saat diangkatnya Arya Wiraraja menjadi Adipati pertama Kabupaten Sumenep 31 Oktober 1269 lalu,” kata Cak Fauzi.

Sehari setelah prosesi penobatan Arya Wiraraja, Cak Fauzi mengadakan acara Haul Raja-raja Madura. Dia mengajak masyarakat luar daerah juga untuk datang dan menyaksikan tampilan keindahan budaya Sumenep.

Terpisah, Kadisbudporapar Sumenep Moh. Iksan mengatakan pertunjukan drama kolosal itu dijadwalkan pada Sabtu (28/10/2023) pukul 07.00 WIB di Halaman Utama Kantor PT Garam, Kota Tua Kalianget. Pertunjukan drama kolosal itu akan melibatkan berbagai elemen untuk memeriahkan acaranya, baik pelajar maupun masyarakat umum.

“Peringatan Hari Jadi ke 754 Kabupaten Sumenep selain prosesi penobatan Arya Wiraraja, juga dirangkai dengan kegiatan lain. Diantaranya tari kreasi, tari kolosal, topeng dalang, tari juwak, saronin serta pawai budaya dengan menampilkan tujuh kereta kencana, jaran serek dan tong-tong serek” terang Iksan.

Kabupaten Sumenep yang berdiri pada 1269 adalah kerajaan, namun pada 1929 berubah menjadi Kabupaten, sampai saat ini tercatat mulai dari masa Arya Wiraraja telah dipimpin 35 raja dan 17 bupati.

“Yang jelas, prosesi pelantikan Arya Wiraraja mampu mencerminkan keagungan Kabupaten Sumenep, supaya para pemimpin penerusnya berkomitmen memajukan dan memakmurkan daerah dengan ikhlas,” pungkasnya. (ado/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?