Mengenal Xylobands, Gelang Warna-warni Pelengkap Nonton Konser Coldplay

Lord of light: Chris Martin vokalis Coldplay di atas panggung di Brasil, 2017. (Getty Images)
Lord of light: Chris Martin vokalis Coldplay di atas panggung di Brasil, 2017. (Getty Images)

blok-a.com – Coldplay resmi menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara tujuan dalam tur konser bertajuk Music of the Spheres World Tour 2023. Ada hal yang unik dan sering dijumpai saat Coldplay menggelar konser adalah penonton memakai gelang dengan lampu warna-warni. Gelang itu bernama Xylobands.

Gelang Xylobands dalam beberapa tahun terakhir menjadi komponen penting dalam konser Coldplay dimana permainan cahaya menjadi elemen utama dalam acara tersebut

Nantinya gelang Xylobands bisa otomatis menyala dan redup mengikuti alunan musik yang dimainkan oleh Chris Martin dan kawan-kawan.

Xylobands adalah gelang yang di dalamnya berisi dioda pemancar cahaya serta penerima frekuensi radio.

Awal Ide Xylobands

Gelang Xylobands diluncurkan oleh RB Concepts Ltd, sebuah perusahaan yang didirikan pengusaha Clive Banks.

Vokalis Coldplay, Chris Martin mengungkapkan, penemu gelang xylobands adalah Jason Regler. Dia sebelumnya merupakan pembuat alat bantu seks yang bisa digunakan dengan telepon genggam.

Dalam sebuah wawancara, Jason Regler mengaku mendapat ide membuat gelang xylobands ketika Coldplay menggelar Festival Glastonbury pada 2005.

Saat itu, Regler mengaku suasana hatinya sedang kalut karena hari-hari yang buruk. Tetapi, perasaan itu tiba-tiba berubah ketika dirinya mendengan Chris menyanyikan lagu Coldplay “Fix You”.

“Ada perasaan seperti menyatukan semua orang di lirik ‘light will guide you home’. Saat itulah ide gelang muncul di benak saya,” ucapnya, dikutip dari laman Coldplay.

Anak laki-laki Regler rupanya memiliki ketertarikan yang sama untuk menyaksikan konser Coldplay.

Suatu ketika, ia dan anaknya hendak membeli lelang tiket konser Coldplay di Newcastle. Namun, cuaca salju yang buruk membuatnya kehilangan kesempatan.

Saat itu anaknya mengaku benar-benar kecewa. Alhasil, Regler pun berupaya menghubungi Chris untuk bertanya apakah ada hal yang bisa dia lakukan. 

Tak disangka, Regler mendapat email dari manager Coldplay, Phil Harvey yang mengizinkan mereka untuk melihat Coldplay berlatih.

“(Saat itu) saya memutuskan untuk berani dan memberi tahu dia tentang ide (gelang) yang sudah saya miliki untuk Coldplay,” tutur Regler.

Phil rupanya memandang positif ide tersebut dan mengaku melihat adanya potensi untuk merealisasikannya.

“Tiba-tiba suatu hari saya mendapat email dari Phil yang mengatakan bahwa dia telah berdiskusi dengan Martin dan ingin tahu kapan kita bisa mulai melihat pembuatan gelang itu,” tutur Regler.

gelang coldplay

Gelang xylobands akhirnya pertama kali digunakan dalam konser Coldplay di Madrid.

Harga Gelang Xylobands

Gelang Xylobands dibandrol dengan harga berbeda. Dalam tur konser Coldplay bertajuk Mylo Xyloto Tour pada 2012 lalu, harga gelang Xylobands dibanderol 3 poundsterling atau setara Rp55.000 per gelang.

Namun biasanya penonton akan mendapatkannya secara gratis ketika ingin masuk ke venue konser Coldplay dan akan dikembalikan setelah konser selesai.

Dikutip dari Pixmob, gelang tersebut memiliki cahaya paling terang. Uniknya, gelang ini dibuat dari plastik nabati. Casingnya bisa dilepas dan terurai menjadi kompos setelah dua bulan.

Hal ini sesuai dengan visi Coldplay yang mengusung sustainable concert.

Seperti diketahui, promotor konser Coldplay di Indonesia, PK Entertainment telah merilis harga tiket Music of The Spheres yang akan digelar pada 15 November 2023 mendatang.

Informasi mengenai harga tiket konser Coldplay itu diunggah oleh instagram resmi PK Entertainment, @pkentertainment.id pada Kamis (11/5/2023).

“Coldplay Music of The Spheres World Tour Jakarta Gelora Bung Karno Stadium, Rabu 15 November 2023. Berikut harga tiket resmi dan layout resmi untuk #MOTSWT Jakarta,” tulis PK Entertainment dalam keterangannya.

Dalam unggahan di media sosial PK Entertainment, harga tiket konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno akan dijual mulai Rp800 ribu sampai Rp11 juta yang menjadi paket dengan harga termahal. (mg1/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?