Liburan Akhir Pekan di Waduk Selorejo, Ini Rute – Harga Tiket Masuknya

Perahu di Waduk Selorejo, wisata murah di Malang. (Dok. salsawisata.com)
Perahu di Waduk Selorejo, wisata murah di Malang. (Dok. salsawisata.com)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Dikenal sebagai kota wisata, Malang memang menjadi tujuan yang paling tepat untuk berlibur bersama keluarga, sahabat, teman, pasangan maupun orang tarsayang di akhir pekan.

Segala macam bentuk wisata tersedia di kota dingin ini. Mulai dari wisata alam, seperti pantai, coban atau air terjun, pegunungan, wisata buatan seperti waduk, wisata wahana, hingga wisata religi dan juga wisata kuliner.

Salah satu wisata sering diperbincangkan akhir-akhir ini adalah Waduk Selorejo.

Wisata tersebut berupa danau buatan yang telah ada sejak zaman orde baru yang menyimpan banyak keindahan yang luar biasa.

Lokasi dan Rute

Wisata Waduk Selorejo berlokasi di Dusun Sambirejo, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Berada di sisi paling berat Kabupaten Malang, Waduk Selorejo berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri.

Jika berada dari pusat Kota Malang, kalian perlu meliper berkendara ke arah barat dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

Meskipun terbilang jauh, namun perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan alam danau buatannya.

Namun jika berada di kawasan Kota Batu, maka waktu tempuh akan lebih dekat. Hanya sekitar kurang dari 1 jam perjalanan.

Meskipun jalan menuju Waduk Selorejo merupakan kawasan pegunungan, namun aksesnya cukup mudah. Kendati demikian, pengunjung harus tetap berhati-hati karena jalanan yang naik turun dan sedikit berkelok.

Waduk Selorejo buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap hari.

Namun waktu terbaik untuk berkunjung biasanya saat pagi hari sebelum pukul 11.00 WIB.

Pesona Waduk Selorejo

Memiliki panorama yang indah dan air waduk yang tenang tampak seperti sebuah danau buatan, keindahan itu masih menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Waduk Selorejo.

Sejumlah pegunungan, seperti Gunung Anjasmoro, Gunung Kawi, dan Gunung Kelud juga nampak jelas mengelilingi waduk dengan sangat megah.

Selain itu, suasanya yang sejuk, jauh dari hiruk pikuk keramaian menjadikan waduk ini sering kali dimanfaatkan wisatawan untuk melepaskan penat setelah sepekan bekerja dan menjalani aktivitas padat lainnya.

Selain menikmati pemandangan, wisatawan juga dapat menikmati aktivitas lainnya, seperti memancing, piknik maupun camping santai di tepi danau.

Tak hanya itu, waduk ini juga kerap dimanfaatkan untuk berburu sunset bagi muda-mudi.

Di area waduk juga terdapat kolam renang, mulai dari kolam renang anak hingga kolam renang dewasa.

Jika tak hobi berenang, pengunjung bisa memilih aktivitas lain, seperti naik perahu atau bebek-bebekan untuk mengelilingi waduk sembari menikmati segarnya udara. Harga tiket yang dibandol mulai dari Rp15 ribu rupiah untuk satu kali putaran perorang.

Sementara itu, di jarak kurang lebih 2 kilometer sebelum pintu masuk kalian akan mendapati jejeran warung kuliner ikan dari hasil tangkapan nelayan setempat.

Wisatawan bisa mencicipi kuliner ikan hasil tangkapan nelayan yang masih segar dengan harga yang masih ramah di kantong.

Harga Tiket

Sementara itu, harga tiket yang ditawarkan cukup terjangkau, kalian hanya perlu merogoh koceh mulai dari Rp20 ribu perorang dewasa, sedangkan anak usia kurang dari 3 tahun tidak dikenakan biaya.

Cukup terjangkau bukan ? Segera jadwalkan waktu libur kalian dan nikmati keindahan panorama Waduk Selorejo Malang di liburan akhir pekan. (ptu/lio)