Ternyata Provinsi ini Kirim Atlet Terbanyak di Sea Games Kamboja 2023, Apa Jawa Timur?

Inilah fakta-fakta menarik seputar perhelatan event olahraga SEA Games 2023 Kamboja | Foto: Istimewa
Inilah fakta-fakta menarik seputar perhelatan event olahraga SEA Games 2023 Kamboja | Foto: Istimewa

Surabaya, Blok-a.com– Atlet kontingen Indonesia ternyata terbanyak berasal dari Jawa Timur. Sedikitnya 80 atlet Jawa Timur, memperkuat skuad Indonesia di SEA Games XXXII 2023 Kamboja, pada 5-17 Mei 2023.

Jumlah atlet ini juga lebih banyak dibandingkan SEA Games Vietnam 2022 lalu di mana Jawa Timur menyumbang 71 atlet di 19 cabang olahraga.

Secara keseluruhan, Indonesia mengirim 599 atlet yang terdiri dari 379 putra dan 220 putri. Skuad Merah Putih akan bersaing pada 31 cabang olahraga dari total 36 yang dipertandingkan atau dilombakan.

Sementara atlet Jawa Timur ini akan bertanding di 21 cabang olahraga.

Dengan jumlah itu, kontingen Indonesia menargetkan meraih 60 medali emas. Sehingga dapat mempertahankan posisi di 3 besar klasemen akhir.

Ketua KONI Jawa Timur Muhammad Nabil mengaku bangga karena Jawa Timur dapat menjadi salah satu tulang punggung kontingen Indonesia.

“Terimakasih untuk semangatnya yang luar biasa. Tentu ini akan menjadi penguat kita semua untuk mengibarkan bendera merah putih di area strategis dan kejuaraan strategis pula,” kata Muhammad Nabil, Minggu (30/4).

Nabil menekankan pentingnya soliditas partnership bagi seluruh atlet Jawa Timur yang akan berkompetisi pada SEA Games 2023.

Dia berharap, para atlet dapat membangun susana saling mendukung, menghargai dan bersikap sportif.

“Kita sudah menyatu menjadi Indonesia, tidak ada lagi nama-nama daerah. Tradisi Jawa Timur ialah menjadi penyumbang nama baik Indonesia di bidang olahraga,” ujarnya.

Kata dia, potensi kemenangan ini sebenarnya sudah bisa dilihat secara bertahap, mulai dari pola pembinaan yang berstandar internasional.

“Ini bentuk pengabdian, tanggung jawab dalam bidang olahraga, sesuai tagline kami dari Jawa Timur untuk Indonesia menuju prestasi dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Puslatda Jatim 100/V KONI Jatim, Irmantara Subagio, menargetkan atlet asal Jawa Timur dapat menyumbangkan 10 – 12 medali emas.

Hal tersebut dilihat dari beberapa cabang olahraga (cabor) potensial yang diikuti atlet Jawa Timur terutama cabor Fin Swimming (selam) dan tenis.

Ada sembilan atlet Jawa Timur yang menjadi tulang punggung kontingen Indonesia, sedangkan untuk tenis ada tujuh atlet Jatim yang menjadi tulang punggung tim tenis Indonesia.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?