Ilustrasi pemilih pemula. (dok. RRI)
Ilustrasi pemilih pemula. (dok. RRI)

Bawaslu Kabupaten Malang: Hapus Black Rider di Pemilu 2024!

Kabupaten Malang, blok-a.com – Guna perbaiki citra politik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang mengimbau masyarakat untuk bersama hapus Black Rider pada pesta politik 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi mengatakan, imbauan itu dilakukan guna menciptakan pemilu yang bersih.

Dengan begitu, pemilih pemula di Kabupaten Malang juga tidak mudah diarahkan untuk memilih calon tertentu.

“Jangan sampai ada black rider yang berkepentingan mengarahkan memilih calon tertentu pada pemilih pemula,” tegas Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi, Jumat (12/5/2023).

Untuk mencapai itu, Bawaslu terus melakukan sosialisasi agar pesta demokrasi di Kabupaten Malang dapat berjalan dengan baik.

Sosialisasi tersebut utamanya untuk menyisir pemilih pemula, hal itu dilakukan guna memberikan hak pilihnya sesuai dengan pilihan tanpa harus dikendalikan oleh pihak tertentu.

“Kami sosialisasi terus menerus, bahwa pemilih pemula jangan mau dimobilisasi. Nah peran media massa sebagai pranata sosial memiliki peran strategis mendorong partisipasi dan mendorong masyarakat dalam memberikan hak pilihnya,” ujarnya.

Dengan adanya sosialisasi, lanjut Wahyu, diharapkan dapat memberikan dampak baik terhadap pemilih pemula agar tidak apatis terhadap perkembangan demokrasi.

“Dengan memberikan pendidikan politik dan sosialisasi, diharapkan pemilih pemula bisa memberikan hak pilihnya ke TPS, sesuai sosok pemimpin yang diidamkan,” tutupnya.

Seperti yang diketahui, pesta demokrasi 2024 semakin dekat.

Rencananya pemilu akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Sementara itu, pendaftaran legislatif tingkat kota/kabupaten telah dilaksanakan serentak sejak 1 Mei 2023 kemarin.(ptu/lio)