Pelari Marathon Hilang, Basarnas Menuju Tempat Sinyal SOS di Gunung Arjuno

Kabupaten Malang, Blok-A.Com – Seorang peserta marathon Mantra Summit Challenge bernama Yurbianto (46) warga Jakarta, dilaporkan hilang di kawasan Gunung Arjuno, yang berada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kabar hilangnya peserta maraton tersebut bermula pada saat pukul 19.00 WIB yang seharusnya korban sudah melapor di Pos 4 Gombes namun hingga saat itu korban tidak menampakkan kehadirannya.

“Korban seharusnya melapor ke pos di Gombes setelah dari puncak Gunung Arjuno, tetapi sampai pukul 19.00 WIB, peserta belum melapor ke Pos Gombes,” jelas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan.

Namun, Sadono belum bisa menjelaskan terkait kronologi kejadian yang sebenarnya. Untuk segera menemukan korban, saat ini personel yang terlibat dalam pencarian adalah dari Taman Hutan Raya R. Soeryo, Panitia Matra Summit Challenge, Polsek Lawang, dan Basarnas. Penyisiran dilakukan dari jalur Lawang, Kabupaten Malang dan dari arah Sumber Brantas Kota Batu.

“Karena itu, kami lakukan pencarian dari 2 jalur. Yaitu di jalur Lawang dan jalur Batu. Kami kerahkan 8 personel di jalur Lawang dan 10 personel di jalur Batu,” jelasnya.

Komandan Tim Basarnas, Andreas menjelaskan sedikit update terbaru tentang korban yang hilang di Gunung Arjuno.

“Untuk update terbaru, korban sempat mengirim sinyal SOS koordinat 7 derajat 76 98 menit, 44′ 6 detik swot 112 derajat, 599’4526 is. Posisinya sangat jauh, jadi nanti kita bergeser naik untuk mendekati koordinat tersebut,” ujar Andreas

Ia juga menuturkan bahwa kondisi medan sedang mendung atau hujan

“SOP nya 7 hari, jika tidak diketemukan, nanti kita tutup sementara. Apabila ada permintaan keluarga korban, kita buka 3 hari lagi,” tutup Andreas.
(mg1/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?