Kondisi Korban Laka KAI versus Roda Dua di pelintasan KAI tanpa palang pintu di petak Jalan Sumberwadung - Kalisetai, masuk Dusun Sumberwadung, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Rabu (19/7/2023).(dok. dari saksi untuk blok-a.com)
Kondisi Korban Laka KAI versus Roda Dua di pelintasan KAI tanpa palang pintu di petak Jalan Sumberwadung - Kalisetai, masuk Dusun Sumberwadung, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Rabu (19/7/2023).(dok. dari saksi untuk blok-a.com)

Pedagang Sayur Tewas Tertabrak KA Probowangi di Perlintasan Tanpa Palang Banyuwangi

Banyuwangi, blok-a.com – Seorang pengendara motor tewas tertabrak kereta api di perlintasan tanpa palang pintu petak jalan Sumberwadung – Kalisetail, masuk Dusun Sumberwadung, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Rabu (19/7/2023) siang.

Korban bernama Selamet (57) pedagang sayur setempat, yang saat itu mengendarai motor Honda Kharisma. Tertabrak KA Probowangi jurusan Surabaya – Banyuwangi Baru, No Lokomotif CC 201(8347), Masinis atas nama Jatim, dengan Asisten Masinis Bayu Agung.

Menurut keterangan salah seorang saksi, Heri, warga Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, korban meninggal dunia di lokasi. Tubuhnya ditemukan dalam keadaan tercerai berai.

“Ngeri mas, kepala korban dalam keadaan tercerai berai,” jelasnya.

Sementara, Kanitlantas Polsek Genteng, Banyuwangi Iptu Nanang Wardhana mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.

Baca Juga: 5 Kecelakaan Kereta Terparah di Indonesia, Ada yang Tewaskan 200 Penumpang

“Dari keterangan beberapa saksi, kronologi Laka antara KAI Probowangi versus sepeda motor Honda Kharisma yang dikendarai Selamet, berawal saat korban berjalan dari arah selatan menuju ke arah utara,” kata Iptu Nanang Wardhana kepada blok-a.com.

Ketika akan melintas di lintasan rel kereta api tidak berpalang pintu tersebut, korban terlihat langsung berjalan tanpa menoleh kanan kiri.

“Secara bersamaan KAI Probowangi dari arah Barat menuju ke Timur dengan kecepatan 80 Km/jam, sedang melewati perlintasan itu,” paparnya.

Akhirnya musibah kecelakaan tidak bisa dihindari. Korban dan sepeda motornya terlempar hingga sejauh 50 meter.

Setelah kejadian, KA Probowangi sempat berhenti sejenak. Asisten Masinis beserta beberapa kru lainnya mengecek kondisi korban dan melaporkan kejadian ini ke polisi.

“Korban meninggal dunia di tempat dengan kondisi tubuh rusak tidak sempurna. Kerugian material diperkirakan Rp3 juta,” pungkas Iptu Nanang Wardhana. (kur/lio)