Kualitas SDM Kunci Wujudkan Indonesia Emas 2045

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.(Pemprov Jatim)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.(Pemprov Jatim)

Surabaya, blok-a.com – Rencana pembangunan jangka panjang nasional (RPJPN) 2025-2045 yang baru diluncurkan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia emas di 2045 tergantung sumberdaya manusia (SDM).

Goal capaian Indonesia di 2045 adalah mewujudkan SDM yang unggul, berbudaya dan menguasai Iptek

Selain itu, ekonomi negara maju, berkelanjutan, pembangunan merata dan inklusif, serta iklim demokrasi yang kuat dan bersih.

Untuk meraih Indonesia emas 2045 harus meningkatkan 3 hal. Pertama, kualitas SDM. Kedua, kualitas SDM, dan ketiga, kualitas SDM.

Sehingga kualitas SDM adalah kuncinya. Tentu SDM multi profesi dan kualitas secara scientific maupun spiritual.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menegaskan meningkatkan kualitas SDM tak terkecuali aparatur sipil negara (ASN) di Jawa Timur.

Melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim, kualitas didorong melalui inovasi aplikasi pengembangan kompetensi mandiri (Si Bang Kodir), untuk kompetensi ASN di Jatim.

Selain itu ada ASN Belajar demi meningkatkan wawasan dan kompetensi.

“Alhasil banyak sekali Inovasi dan perubahan di BPSDM Provinsi Jawa Timur, proses itu mendapat pengakuan dari LAN BPSDM nomor satu di Indonesia ini 2 tahun berturut-turut dan jadi role model,” harapnya.

Di depan 180 peserta pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan IX, X, XI dan penutupan pelatihan kepemimpinan Nasional tingkat II angkatan II Pemprov Jatim 2023, Khofifah mengajak para peserta lain untuk berprasangka baik, pada diri sendiri, orang lain, dan kepada Tuhan, Allah.

Di Sasana Wiyata Praja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim, Kamis (22/6/2023), Khofifah mencontohkan berprasangkka baik mirip dari syair lagu Tulus “manusia kuat.”

Khofifah pun bernyanyi bersama-sama dengan seluruh peserta.

“Ini adalah lagu yang saya introduksi di banyak kesempatan untuk membangun prasangka baik, positive vibe untuk diri kita,” ujarnya.

Usai penandatanganan pakta integritas bersama Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur dan peserta pelatihan, juga diserahkan piagam penghargaan kepada 5 peringkat terbaik peserta PKN Tk II Angkatan II ini, didampingi Adi Suryanto, Kepala LAN RI.(kim)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?