Kembangkan Desa Wisata, Bupati Blitar Harapkan Sinergitas dan Kolaborasi Seluruh Stakeholder Terus Terjalin

Bupati Blitar Rini Syarifah saat membuka Saresehan Pengembangan Desa Wisata dan Pelatihan Penguatan Tata Kelola dan Kolaborasi Antar Lembaga, di Balai Desa Semen Kecamatan Gandusari, Kamis (06/07/2023). (Fajar/blok-a.com)
Bupati Blitar Rini Syarifah saat membuka Saresehan Pengembangan Desa Wisata dan Pelatihan Penguatan Tata Kelola dan Kolaborasi Antar Lembaga, di Balai Desa Semen Kecamatan Gandusari, Kamis (06/07/2023). (Fajar/blok-a.com)

Blitar, blok-a.com Seiring perkembangan jaman yang disertai makin melesatnya teknologi informasi, telah berdampak di berbagai sektor kehidupan. Tidak terkecuali bidang pariwisata.

Dimana bidang pariwisata ini, sangat digandrungi untuk dikembangkan. Karena pengembangan wisata ibarat satu paket dengan pengembangan potensi ekonomi lainnya. Hal ini disampaikan Bupati Blitar Rini Syarifah saat membuka Saresehan Pengembangan Desa Wisata dan Pelatihan Penguatan Tata Kelola dan Kolaborasi Antar Lembaga, di Balai Desa Semen Kecamatan Gandusari, Kamis (06/07/2023).

“Tidak heran jika saat ini bermunculan destinasi wisata baru  mulai dari pedesaan baik itu wisata alami maupun buatan sampai obyek wisata di perkotaan. Ini karena makin melesatnya teknologi informasi,” kata Rini Syarifah.

Untuk itu Rini Syarifah mengajak seluruh stakeholder untuk sinergisitas dan berkolaborasi sekaligus memanfaatkan tekonologi untuk membranding seluruh potensi wisata Kabupaten Blitar.

“Di Kabupaten Blitar ini, ada 18 desa wisata, dimana salah satunya adalah Desa Semen. Desa wisata ini adalah kebanggaan Kabupaten Blitar karena telah menjuarai anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 dalam kategori desa wisata maju,” jelas Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar.

Mak Rini menandaskan, Desa Wisata Semen adalah desa wisata yang sangat ideal dimana potensi wisata alam, budaya, ekonomi kreatif, UMKM dan kearifan lokal dipadu menjadi suatu daya tarik wisata yang sangat menarik berbasis kehidupan desa.

“Desa Wisata Semen adalah role model desa wisata yang sangat bagus guna pengembangan desa wisata di Kabupaten Blitar,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Mak Rini juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, khususnya PT. Bank Central Asia, Tbk yang telah menginisiasi kegiatan tersebut, sekaligus mensupport  Desa Semen sehingga bisa meraih prestasi.

Mak Rini menambahkan, perkembangan pariwisata di Kabupaten Blitar cukup signifikan. Hal itu, selain ditandai dengan muncullnya destinasi wisata baru juga adanya peningkatan kunjungan wisatawan.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan sinergitas dan kolaborasi terus terjalin dan sebagai penyemangat untuk mengembangkan kawasan desa wisata dengan melibatkan berbagai pihak,” ujarnya.

Orang nomor satu di Pemkab Blitar ini menyebut, Kabupaten Blitar yang dikenal dengan sebutan Lands Of Kings (tanah para raja).

“Tanah Blitar pada zaman dahulu adalah tanah yang disucikan. Dan dari Blitar telah banyak melahirkan pemimpin-pemimpin besar di nusantara termasuk menjadi tempat peristirahatan terakhir mereka. Di Blitar juga menyimpan banyak potensi,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk potensi wisata di Kabupaten Blitar secara garis besar dibagi menjadi 3 Destinasi Pariwisata Kabupaten (DPK) yaitu Lereng Kelud Kawi dan sekitarnya di bagian Utara, Sungai Brantas dan sekitarnya di bagian tengah dan pantai Selatan dan sekitarnya di pantai Selatan.

“Potensi wisata budaya dan sejarah yang cukup banyak dan beragam membuat Kabupaten Blitar semakin menarik untuk dikunjungi,” pungkasnya. (jar/adv/kmf)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?