Drawing Pot Piala Dunia U-17 2023, Indonesia Masuk Grup Neraka

Trofi Piala Dunia FIFA U-17 (foto: FIFA/Blok-a.com)
Trofi Piala Dunia FIFA U-17 (foto: FIFA/Blok-a.com)

Blok-a.comFIFA telah merilis drawing pot untuk pembagian grup Piala Dunia U-17 pada jumat (30/6/2023) yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Timnas Indonesia U-17 selaku tuan rumah otomatis ditempatkan pada Pot 1 dan menempati posisi pertama Grup A.

Sebanyak 24 tim dipastikan lolos ke Putaran Final Piala Dunia FIFA U-17 tahun 2023. Seluruh peserta terbagi ke dalam empat pot dan akan diundi ke dalam enam grup yang masing-masing terdiri dari empat tim.

Drawing grup rencana digelar pada Agustus 2023, tetapi masih belum diketahui tanggal pastinya. Sedangkan turnamen Piala Dunia sendiri akan mulai bergulir pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Ketum PSSI, Erick Thohir sempat menyatakan bila drawing akan digelar di Jakarta, bukan di Zurich, Swiss di mana markas FIFA berada.

“Nanti mungkin drawing Piala Dunia U-17 digelar pada Agustus mendatang,” kata Erick Thohir kepada awak media, Sabtu (24/6/2023).

“Drawing ini dilakukan di Jakarta. Kami sedang mencari lokasi yang tepat,” tambahnya.

Edisi turnamen yang terbaru akan memiliki bobot lebih tinggi dalam penilaian, dengan poin bonus diberikan kepada juara konfederasi.

Pot 1 hingga 4 berisi tim-tim, mulai dari yang paling diunggulkan hingga kurang diunggulkan.

Itu artinya, Timnas U-17 yang baru melakoni debut, mendapat keistimewaan karena berada satu pot dengan tim-tim unggulan. Indonesia berada di Pot pertama bersama Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, dan Jerman. Seperti diketahui, Brazil merupakan Juara piala dunia U-17 tahun 2019.

Nantinya, seluruh peserta yang berada di Pot 1 hingga Pot 4 akan diundi dan dibagi menjadi enam grup yang masing-masing grupnya berisi empat tim.

Ancaman Menanti Timnas Indonesia U-17

Meski berada di pot unggulan, Timnas U-17 Indonesia wajib waspada menghadapi calon lawan-lawannya. Pasalnya, skuad besutan Bima Sakti itu masih berpeluang bertemu dengan tim-tim besar lain, seperti Inggris, Argentina dan Amerika Serikat.

Sebagai informasi, Inggris pernah merasakan gelar juara Piala Dunia U-17 pada edisi 2017 di India. Ketika itu mereka sukses menggilas Spanyol dengan skor telak 5-2 dalam partai final, setelah menyingkirkan Brasil 3-1 di semifinal.

Rhian Brewster menjadi top scorer dalam turnamen tersebut dengan mencetak 8 gol. Namun, yang dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut adalah Phil Foden, sekarang jadi bintang bersama Manchester City.

Argentina juga wajib diwaspadai oleh Timnas U-17 Indonesia. Meski belum pernah mencapai ke babak final, Argentina sudah tiga kali merasakan peringkat ketiga di Piala Dunia U-17 (1991, 1995, 2003).

Untungnya, Indonesia tidak mungkin segrup dengan Inggris dan Argentina sekaligus. Lantaran Inggris dan Argentina sama-sama berada di Pot 2.

Di sisi lain, ancaman Amerika Serikat yang berada di Pot 3 patut diwaspadai para punggawa Timnas. Bersama Brasil, Amerika Serikat adalah tim peserta tahun ini yang paling berpengalaman tampil di ajang tersebut (18 kali).

Drawing Pot Piala Dunia FIFA U-17

Berikut pembagian Drawing Pot Peserta Piala Dunia U-17 2023 :

  • Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, dan Jerman
  • Pot 2: Mali, Inggris, Jepang, Korea Selatan, Argentina, dan Ekuador
  • Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, dan Maroko
  • Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Burkina Faso, Polandia, dan Venezuela. (mid)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?