Wajib Tahu! Ini Tips Menghemat Gas di Tengah Kelangkaan Elpiji

Blok-a.com – Ketersediaan gas elpiji (LPG) subsidi 3 kg di sejumlah daerah di Indonesia beberapa waktu terakhir mengalami kelangkaan.

Kelangkaan itu pun tentu membuat masyarakat resah, mengingat elpiji merupakan salah satu bahan bakar masak yang sudah menjadi kebutuhan pokok.

Saat menghadapi situasi seperti ini, penting bagi kita untuk menghemat gas elpiji dan mengoptimalkan penggunaan energi. Berikut adalah beberapa tips efektif untuk membantu menghemat penggunaan gas elpiji.

1. Rutin Bersihkan Kompor dan Saluran Gas

Hal utama yang wajib dirutinkan pengguna sebagai langkah penghematan gas elpiji adalah membersihkan kompor dan saluran tempat mengalirnya gas. Upaya ini bisa dilakukan setidaknya 1 kali dalam 4 bulan.

Jika kotoran tidak dibersihkan maka dapat menimbulkan sumbatan sehingga warna api tidak biru serta suhu panasnya pun tak maksimal. Maka, tentu memerlukan waktu lama saat memasak.

2. Gunakan Selang Berkualitas

Gas bersifat menekan ke segala arah, itu sebabnya dibutuhkan selang yang berkualitas baik. Gunakan selang dengan tekanan gas mencapai 500 psi.

Jika selang kompor gas tidak memiliki kemampuan menahan tekanan sebesar 500 psi, maka selang akan cepat kendor. Akibatnya, gas dapat keluar melalui sela-sela selang dan gas jadi cepat habis.

3. Gunakan Peralatan Masak Berbahan Stainless Steel

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghemat gas adalah dengan menggunakan peralatan masak berbahan stainless steel. Sebab, stainless steel dikenal sebagai penghantar panas yang baik, sehingga makanan menjadi lebih cepat matang dan menghemat pemakaian gas.

4. Tutup Panci atau Wajan Saat Memasak

Saat memasak, selalu gunakan tutup panci atau wajan. Dengan menutupnya, panas akan terperangkap di dalam, dan makanan akan matang lebih cepat. Hal ini akan membantu mengurangi waktu memasak dan menghemat gas elpiji.

5. Gunakan Ukuran Panci yang Sesuai

Ukuran panci atau wajan harus sesuai dengan jumlah makanan yang akan dimasak. Penggunaan panci yang terlalu besar untuk jumlah makanan yang sedikit akan menyebabkan pemborosan energi karena gas elpiji digunakan untuk memanaskan seluruh permukaan panci, bukan hanya makanannya.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?