Video Detik-detik Kecelakaan KA Argo Wilis vs KA Argo Semeru di Wates Kulon Progo

Blok-a.com – Dua Kereta Api (KA) mengalami kecelakaan di kawasan Stasiun Sentolo Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (17/101/2023) siang.

Detik-detik kecelakaan tersebut terekam dalam video amatir warga dan kemudian beredar di media sosial, salah satunya di platform X.

Menurut keterangan unggahan, dua kereta yang mengalami kecelakaan itu adalah KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis.

“Ini kondisi Argo Semeru udah anjlok diserempet berjalan langsung KA Argo Wilis,” tulis unggahan akun X @rxzkammr_, dikutip Blok-a.com.

Dalam video yang berdurasi kurang dari 30 detik itu, terlihat kondisi KA Argo Semeru terguling ke arah perlintasan yang ada di sebelahnya.

Disaat yang bersamaan, datang KA Argo Wilis yang melaju di perlintasan tersebut dan menyerempet bagian samping KA Argo Semeru.

Suara tabrakan dan gesekan antar besi rangkaian kereta api itu pun terdengar jelas dalam rekaman itu. KA Argo Wilis yang semula berjalan akhirnya berhenti tepat di samping kerangka KA Argo Semeru.

Tak lama setelah video detik-detik kecelakaan kereta ini beredar, pihak Kereta Api Indonesia (KAI) pun buka suara dan membenarkan kejadian tersebut.

Dalam Instagram resminya, pihak KAI menjelaskan bahwa kecelakaan itu terjadi di kilometer 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo – Stasiun Wates sekitar pukul 13.15 WIB.

Dua kereta yang mengalami kecelakaan itu merupakan kereta jurusan Surabaya Gubeng – Gambir dan Bandung – Surabaya Gubeng.

Tak diketahui secara pasti apa penyebab kecelakaan itu terjadi. Namun, pihak KAI telah berupaya mengevakuasi para penumpang dan melakukan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

“Kedua jalur rel antara Wates – Sentolo (Kab. Kulon Progo) untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut.” Kata EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Pihak KAI juga akan melakukan upaya rekayasa pola operasi, berupa jalan memutar dan oper stapend untuk kereta api lainnya yang akan melintas di wilayah Wates – Sentolo.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?