Peringati HPN 2023, Jurnalis Lintas Selatan Gelar Lomba Mural Gratis

Lomba jurnalis
Ilustrasi. (Unsplash)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Jurnalis Lintas Selatan (JLS) menggelar lomba mural untuk umum secara gratis.

JLS atau para awak media yang bertugas liputan di wilayah Kabupaten Malang ini bakal menggelar lomba tersebut pada 9 Februari mendatang.

Ketua Panitia, Daviq Umar mengatakan, lomba mural ini dibuat untuk memberikan ruang berekspresi masyarakat.

“Lomba Mural Aspirasiku ini, untuk menyambut HPN 2023. Lomba dibuka untuk umum. Kegiatan ini sekaligus mewadahi para pecinta seni, khususnya mural untuk memberikan ruang mereka berekspresi dan menyalurkan karyanya,” tutur Daviq saat dikonfirmasi awakmedia, Selasa (31/01/2023).

Pendaftaran lomba mural ini telah dibuka sejak Sabtu (28/01/2023) lalu, dan akan di tutup pada Jumat (3/01/2023) mendatang.

Daviq juga menambahkan, bahwa lomba yang didukung oleh Polres Malang ini terbuka untuk umum dan tidak di pungut biaya sepeserpun.

“Lomba kami buka secara gratis. Kami juga menyediakan semua fasilitas untuk peserta. Mulai dari media hingga peralatan dan kebutuhan lomba. Termasuk konsumsi untuk peserta,” jelasnya.

Untuk tema lomba kali ini, kata Daviq, tidak ada batasan atau bebas. Para peserta bisa mengkritik, memberi masukan dengan menyalurkan aspirasinya melalui karya seni.

Seperti contohnya, terkait tragedi Kanjuruhan, kemanusiaan, kekerasan seksual anak, krisis iklim, lintas perdamaian ataupun tema lainnya.

Meskipun bebas, lanjut Daviq, namun karya seni harus sesuai dengan kode etik, artinya tidak boleh mengandung SARA maupun pornografi. Daviq berpesan agar para peserta tetap mengendepankan ideologi pancasila.

Lebih lanjut, untuk pemenang lomba akan diambil 6 terbaik. Yakni juara I, II dan III. Lalu juara harapan I dan II serta karya Favorit.

“Untuk hadiah, juara satu sebesar Rp 5 juta, juara dua Rp 3 juta, juara tiga Rp 2 juta serta juara harapan satu, dua II dan favorit masing-masing Rp 1 juta,” tutur Daviq.

Terpisah, Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan bahwa Polres Malang sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Jurnalis Lintas Selatan Kabupaten Malang. Karena, kegiatan ini bertujuan untuk memberi ruang kebebasan berekspresi yang damai menyambut Hari Pers Nasional 2023.

“Pers Merdeka Demokrasi Bermartabat. Polres Malang bersinergi dengan insan Pers mewujudkan Kabupaten Malang Makmur, Aman dan Sehat,” papar Putu Kholis.(ptu/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?