Kerusakan Jalan Pasar Gadang Parah, Pedagang: Berasa Jualan di Pinggir Sungai
Kerusakan Jalan Pasar Gadang Parah, Pedagang: Berasa Jualan di Pinggir Sungai (blok-a/mike)

Pemkot Rencanakan Perbaikan Jalan Pasar Gadang yang Rusak

Kota Malang, blok-a.com – Pemkot Malang merespon cepat soal rusak-nya jalan di Pasar Gadang Kota Malang.

Sekadar diketahui, jalan di Pasar Gadang rusak parah. Banyak lubang yang relatif besar di sepanjang jalan induk itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Dandung Julhardjaanto menjelaskan, perbaikan akan dilakukan satu sampai dua minggu ini.

“Sudah kami sampaikan rencana penanganan Jalan Pasar Gadang. Perbaikan sementara rencananya dalam satu dua minggu ini sudah mulai, sambil nunggu selesai di tempat lain dulu,” tuturnya.

Pembangunan pada satu atau dua minggu ini bersifat sementara.

Sementara untuk pembangunan jalan Pasar Gadang yang rusak secara menyeluruh akan diusulkan pada tahun anggaran 2024 nanti.

Pengusulan perbaikan jalan pada tahun 2024 dikarenakan memperhatikan anggaran dan waktu perbaikan yang diperlukan.

“Iya nanti ditangani full pada 2024. Pak Wali juga sudah memberikan catatan penekanan saat pembahasan rencana kerja. Drainasenya juga dipikirkan sekalian. Jadi memang memakan biaya dan waktu pengerjaannya,” kata dia.

Pada 2024 itu perbaikan tidak hanya dilakukan sekadar tambal sulam. Dandung menjelaskan, perbaikan di jalan Pasar Gadang Kota Malang itu akan menggunakan metode cor.

Alhasil, perbaikan dengan metode itu diklaim akan lebih kuat dan tahan lama meskipun jalan di Pasar Gadang kerap dilewati kendaraan bermuatan berat dan terkena dampak cuaca ekstrem.

“Rencananya kita tidak aspal tapi sedang dipertimbangkan metode cor. Drainasenya juga dipikirkan sekalian. Jadi memang memakan biaya dan waktu pengerjaanya,” tuturnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 ini sudah belasan ruas jalan diperbaiki di Kota Malang. Total ada 70 ruas jalan yang sudah diperbaiki. 70 ruas itu adalah Jalan Ki Ageng Gribiy, Jalan Raya Langsep, Japan Veteran-Bandung, Jalan Mayjend Sungkono, hingga Jalan Raya Tebo. (bob)