Lautan Manusia Padati Haul Habib Abu Bakar Assegaf ke-68 di Gresik

Ribuan Jamaah Padati Haul Habib Abu Bakar ke-68.(blok-a.com/ivan)
Ribuan Jamaah Padati Haul Habib Abu Bakar ke-68.(blok-a.com/ivan)

Gresik, blok-a.com – Puncak acara Haul Habib Abu Bakar Assegaf ke-68 digelar hari ini, Kamis (6/7/2023). Ribuan manusia tumplek blek memenuhi kawasan pusat kota Gresik.

Rangkaian acara peringatan wafatnya ulama besar asal Gresik ini dihadiri puluhan ribu jamaah dari berbagai kota.

Para pengunjung berdatangan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa Al-Imam Al-Qutb Al-Habib Abu Bakar Assegaf dalam menyebarkan ajaran Islam yang penuh kasih sayang.

Kegiatan penuh berkah ini dilaksanakan di Masjid Jami’ Gresik, Jalan KH Wachid Hasyim, Pekauman, Gresik, berlangsung selama 2 hari pada tanggal 16-17 Dzulhijjah 1444 H / 5 – 6 Juli 2023.

Rangkaian acara di hari pertama dimulai dengan Rauha dan Khotmil Kitab Ihya’ Ulumiddin pada pukul 16:00 WIB (Ba’da Ashar), kemudian Hadrah pada pukul 21.00 WIB yang akan berlangsung di kediaman Al-Imam Al-Qutb Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf,di Jalan KH Zubair 93 Gresik.

Baca Juga: Peringati Haul Kiai Rois ke-102, Bupati Sidoarjo Tak Lupakan Jasa Ulama

Pada hari kedua dimulai dengan acara pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada pukul 05:00 WIB (Ba’da Subuh) sebagai bentuk penghormatan terhadap Nabi Muhammad SAW di kediaman Al-Habib Syekh bin Abu Bakar Assegaf di Jalan KH Zubair 52 Gresik.

Puncak peringatan pada pukul 09.00 WIB di Masjid Jami’ Gresik jalan Wakhid Hasyim No 06 Gresik.

Salah satu peziarah asal Tangerang Abdul Rozak mengungkapkan, dia selalu hadir saat peringatan Haul ini setiap tahunnya.

Menurutnya peringatan Haul tahun ini bertepatan dengan hari libur kenaikan sekolah, sehingga dia bisa mengajak seluruh anggota keluarga bersamanya.

“Saya sudah di Gresik dari hari Rabu kemarin. Ber-enam bersama anak dan istri. Selain niat ingin berziarah ke Makam Habib Abu Bakar, juga sekalian mengisi liburan sekolah anak-anak,” kata Rozak saat di pelataran Masjid Jamik Gresik, Kamis (6/7/2023) pagi.

“Alhamdulillah tahun ini masih ada kesempatan hadir di Haul Habib Abu Bakar Assegaf, semoga tahun depan bisa hadir lagi,” tuturnya.

Profil Habib Abu Bakar

Dikutip dari buku ’17 Habaib Berpengaruh di Indonesia’ karya Abdul Qadir Umar Mauladdawilah, Nama lengkap Habib Abu Bakar adalah Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf, mendapat julukan Al Qutb dengan melihat ketekunannya dalam beribadah.

Habib Abu Bakar muda khusyuk melakukan uzlah atau khalwat (aktivitas menyepi) meninggalkan aktivitas duniawi dan hanya beribadah selama hampir 15 tahun.

Habib Abu Bakar Assegaf merupakan salah satu ulama yang lahir di kawasan Besuki, Jawa Timur pada 30 Maret 1869 Masehi atau 16 Dzulhijjah 1285 Hijriyah. Habib Abu Bakar Assegaf lalu dikirim oleh ibunya ke tanah leluhurnya di Sewun Tarim, Yaman Selatan.

Sepulangnya dari sana, Habib Abu Bakar Assegaf menuju kota kelahirannya. Di sana dia melakukan aktivitas dakwah sekitar 3 tahun. Setelah itu, pada usia 20 tahun, dia hijrah ke Gresik.

Kemudian, dia membuka Majelis Ta’lim di rumahnya, di Gresik. Kedalaman dan kejernihan hati yang dimilikinya telah melahirkan banyak murid-murid yang memiliki kedudukan tinggi di masyarakat.

Pada tanggal 15 juli 1957 Masehi atau bertepatan tanggal 17 Dzulhijah 1376 Hijriyah Habib Abu Bakar Assegaf wafat dan dimakamkan di Gresik. (imr/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?