Keren, Mahasiswa UB Berhasil Ciptakan Alat Deteksi Dini Penyakit Stroke

Kota Malang, blok-A.com – Sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya berhasil ciptakan temuan alat deteksi dini hipertensi dan hiperkolesterolemia bagi penderita Stroke melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC).

Alat temuan tersebut bernama E-dection, yang merupakan prototipe berbasis loT menggunakan metode machine learning dan terhubung dengan aplikasi yang berfungsi untuk mengkategorikan keadaan pasien menggunakan metode machine learning serta mempermudah penggunaan prorotipe sehari-hari.

E-dection sendiri terdiri dari smart band and smart pillow yang dalat memberikan fungsi pemantauan serta intervensi mandiri secara dini.

Indikator yang dapat dideteksi memggunakan E-dection adalah tekanan gula darah dan kadar koleksterol serta glukosa darah secara non-incasive. Intervensi mandiri yang digunakan dalam prototipe ini adalah terapi panas untuk mengurangi jumlah kolesrerol dalam darah.

Menurut Dr. Ir. Dewa Gede Raka Wiadnya, M.Sc, E-duction berpotensi jika diterapkan kepada masyarakat umum terutama pada orang yang memiliki riwayat stroke ringan. Menurutnya E-duction dapat menekan biaya pemeriksaan karena dilengkapi dengan sistem pemantauan secara non-invasive dan terapi untuk menurunkan kadar kolesterol. Tidak hanya itu E-duction juga dilengkapi dengan aplikasi yang memudahkan terkait konsultasi.

“Penggunaan smart pillow nyaman saat digunakan, cukup menghangatkan bagian leher, saya suka dengan bentuknya yang egonomis, semoga bisa menurunkan prevalensi stroke berat dengan menggunakan alat ini,” papar Dewa Gede.

Dengan demikian, Inovasi ini diharapkan dapat mengurangi prevalensi morbiditas serta mortalitas yang diakibatkan oleh stroke.

Sebagai informasi tambahan, E-dection merupakan karya kolaborasi dari mahasiswa dari berbagai Fakultas di Universitas Brawijaya yang dibimbing langsung oleh Ir. Nurussa’adah M.T, lima mahasiswa tersebut antara lain M. Dwi Nur Afini dari Fakultas Teknik angkatan 2022, M. Romadhoni P. dari Fakultas Teknik angkstan 2020, Made Ananta W dari Fakultas Teknik angkatan 2019, Ayu Cetiya M. dari Fakuktas Ilmu Kesehatan angkatan 2019 dan Abimanyu Awanda R. dari Fakultas Kedokteran angkatan 2019. (mg2/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?