Jelang Pulang ke Tanah Air, Satu Jemaah Haji Asal Kota Blitar Meninggal Dunia

Jamaah haji asal Kota Blitar sebelum berangkat ke tanah suci, saat diberi pengarahan di Balai Kota Kusumo Wicitro, Kota Blitar. (dok. pendamping Haji Kota Blitar)
Jamaah haji asal Kota Blitar sebelum berangkat ke tanah suci, saat diberi pengarahan di Balai Kota Kusumo Wicitro, Kota Blitar. (dok. pendamping Haji Kota Blitar)

Blitar, blok-a.com – Menjelang kepulangan ke Indonesia, salah satu jemaah haji asal Kota Blitar yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 8 meninggal dunia di tanah suci. Dia berangkat dari Kota Blitar pada 26 Mei 2023 lalu.

Jemaah haji tersebut bernama Mursini Astro Sentono yang telah berusia 77 tahun. Meninggal pada Selasa 4 Juli 2023 Subuh waktu Arab Saudi.

Kabar duka tersebut, dibenarkan pendamping Haji Kota Blitar Chumaidi Maksum.

“Sejak berada di Madinah, Mursini memang sering keluar masuk rumah sakit. Namun, Mursini masih sempat menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji. Kecuali tawaf ifadhoh yang diwakilkan oleh petugas haji. Sementara ibadah wukuf di Arafah dijalani Mursini dengan cara mengendarai mobil ambulans,” kata Chumaidi Maksum, Rabu (05/07/2023).

Lebih lanjut Chumaidi menyampaikan, dengan selesainya rangkaian ibadah haji yang dilakukannya sebelum meninggal, Mursini telah menyandang gelar Hajah.

“Dari awal, mulai di Madinah beliau sering keluar masuk rumah sakit. Beliau baru keluar dari rumah sakit kemarin. Namun Selasa pagi tiba-tiba kondisinya turun, dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Namun di perjalanan meninggal dunia dan dimakamkan di Makkah,” jelasnya.

Chumaidi menambahkan, selain Mursini, sebelumnya telah ada jemaah haji asal Kota Blitar yang meninggal di tanah suci. Jemaah tersebut adalah Hindi Munawaroh (65), meninggal di Kota Makkah karena sakit jantung pada 15 Juni 2023.

Untuk diketahui, jemaah haji asal Kota Blitar dijadwalkan mulai kembali ke tanah air pada Kamis 6 Juli 2023.

Ada 155 jemaah haji asal Kota Blitar yang berangkat ke tanah suci tahun ini. Mereka berangkat dalam dua tahap.

Dimana 110 jamaah haji reguler tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 8 yang berangkat ke tanah suci pada 26 Mei 2023. Sedangkan 45 jamaah haji cadangan diberangkatkan pada 4 Juni 2023. (jar/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?