Happy-nya Ribuan Mahasiswa IBU Diajak Wisata ke Yogyakarta Sam Rektor, Naik 200 Jeep ke Merapi

Happy-nya Ribuan Mahasiswa IBU Diajak Wisata ke Yogyakarta Sam Rektor, Naik 200 Jeep ke Merapi
Happy-nya Ribuan Mahasiswa IBU Diajak Wisata ke Yogyakarta Sam Rektor, Naik 200 Jeep ke Merapi (dok. Humas IBU for blok-a)

blok-a.com – Mahasiswa Ilmu Keguruan dan Pendidikan Ikip Budi Utomo (IBU) menunjukan sisi bahagia dan seru dari kegiatan Kuliah Kerja Lapang (KKL) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Betap tidak, kegiatan yang menjadi wadah untuk penerapan ilmu di mata kuliah dilakukan dengan rekreasi ke sejumlah destinasi wisata.

Kegiatan itu alhasil diikuti ribuan mahasiswa serta dosen bahkan juga sang Rektor IBU, Assoc. Prof. Dr. Nurcholis Sunuyeko, M.Si. Sam Rektor nampak antusias mendampingi ribuan mahasiswanya ke sejumlah destinasi wisata sepetti Heha Sky Keraton, Pinus Pengger, Kaos Gareng Center, Fun Games di Area Perkemahan Karang Pramuka Kaliurang hingga Lava Tour Merapi.

Puncak antusiasme terlihat saat Sam Rektor, sapaan akrabnya mendampingi ribuan mahasiswanya dengan 200 jeep saat Lava Tour Merapi. Adanya berbagai kegiatan yang menyenangkan dan sangat mendidik ini, para peserta KKL yang terlibat dapat merasa nyaman dan happy. 

“Karena prinsipnya adalah yang penting happy. Mahasiswa IBU beribadah juga harus hepi, makan juga harus hepi, termasuk kegiatan KKL 2023 ini semuanya harus happy,” terang Sam Rektor, sapaan akrabnya. Rektor yang dikenal sangat ramah ini berharap, program KKL akan menambah wawasan bagi para mahasiswanya.

“Semoga semakin menambah wawasan Anda sekalian, menambah khasanah berfikir. Bahwa sesuatu hal itu tidak harus dengan cara yang susah, tidak harus dengan cara yang sedih, tapi bisa dilakukan dengan cara gembira,” papar akademisi yang mengaku masih berfikir-fikir atas adanya dukungan untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Malang ini.

Ia pun berharap, mahasiswa IBU bisa menyelaraskan antara aspek berfikir dengan hatinya masing-masing saat KKL di Yogyakarta.

“Happy itu sebenarnya adalah menyelaraskan antara aspek pikir dan aspek hati. Dengan begitu Anda sekalian akan happy, karena berfikir yang bagus itu bisa diterima oleh hati. Sedangkan hati yang bagus akan berfikir positif,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Sam Rektor juga menyampaikan berbagai program untuk para mahasiswanya agar kegiatan pembelajaran di IBU Malang semakin menyenangkan. Salah satunya adalah akan memberikan pelatihan bahasa Jawa bagi para mahasiswa dari Luar Pula Jawa.

“Saya punya program, untuk yang dari NTT dan Sumba harus pinter bahasa Jawa sebelum wisuda. Kalau yang belum bisa bahasa jawa, belum boleh ikut wisuda kecuali Anda punya pacar orang jawa. Jadi kalau bisa bahasa jawa tidak apa-apa, tapi punya pacar orang Jawa supaya Indonesia ini menjadi Nusantara,” sebut Sam Rektor yang langsung disambut dengan senang hati oleh para mahasiswanya ini.

Untuk diketahui, kegiatan KKL ini juga mendapatkan apresiasi dari Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno. Ia pun berharap dengan KKL ini para mahasiswa dapat mengenal dunia kerja yang sesungguhnya. “Dengan terjun langsung dalam kegiatan masyarakat, maka dari itu seraplah ilmu sebanyak-banyaknya. Pemuda khususnya, harus sedapat mungkin mandiri dan kreatif untuk tantangan-tantangan di masa depan,” ujar Mas Menteri Sandiuno, sapaan akrabnya.

Kepada para mahasiswa IBU Malang, pihaknya berpesan agar semakin semangat dalam menimba ilmu, sehingga target akan terciptanya 4,4 Juta lapangan kerja baru dapat terealisasi pada tahun 2024 mendatang.

“Ini akan tercipta jika kita semua merealisasikan dengan semangat, gercep, gebes dan gaspol. Ayo Arek-arek IKIP Budi Utomo Malang sing kreatif, sing mandiri, dan sing penting happy. Salam Pesona Indonesia, Salam Satu Jiwa,” pesan Menparekraf yang namanya masuk dalam bursa Bakal Calon Wakil Presiden 2024 ini. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?