HAGI Sediakan Wadah Pemikiran Anak Muda untuk Sadar Perkembangan Geofisika

Kota Malang, blok-A.com – Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) bekerja sama dengan para stakeholder, menggelar Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-47, Selasa (11/10/2022).

Bertempat di Harris Hotel Malang, acara tersebut dihadiri oleh tokoh profesional, mahasiswa hingga akademisi, bertujuan untuk mengutarakan metode-metode baru, ataupun melihat perkembangan Geofisika sekarang.

Dari pantauan blok-A.com, para tamu yang hadir mayoritas menggunakan batik rapi, mengunjungi booth Ikatan Mahasiswa Geofisika Univesitas Brawijaya (IMGF UB), dalam acara PIT HAGI tersebut.

Antusias para tamu sangat baik. Banyak sekali yang mengunjungi booth-booth stakeholder seperti Direksi Pertamina, SKK Migas, Roadshill dan lain lain.

Co-Chairman Pertemuan Ilmiah, Oddy menjelaskan bahwa objek utama dari acara tahunan itu, ialah untuk melihat sejauh mana perkembangan Geofisika sekarang.

“Bicara Geofisika umum sekali ya, ada Geofisika bencana seperti BMKG, migas, teknik, dan lain lain. Acara ini menyatukan beberapa geofisika tersebut, untuk melihat perkembangan dari beberapa jenis Geofisika itu,” ungkap Oddy.

“Acara ini juga mengakomodir para tamu, untuk menuangkan buah pikirnya kedalam publikasi ilmiah berbentuk Paper Presentation juga Poster Presentation, yang mana bisa diakomodir dalam publikasi Internasional,” tambahnya.

PIT HAGI menggerakan program berupa diskusi panel sekaligus exhibition, dengan menggaet stakeholder demi mengangkat energi transisi kedepannya.

Lanjut Oddy, Kota Malang ternyata memiliki potensi di Geowisata. Ia menuturkan bahwa pantai ataupun tebing, bukan semata-mata tempat wisata saja, melainkan bisa dikaji oleh Geofisikanya juga.

“Kota Malang bagus dalam Geowisata-nya. Misal pantai, mayoritas orang menganggap bahwa pantai hanya objek wisatanya, tapi dalam Geofisika, itu bisa dibahas detail terkait proses pembentukan pantai tersebut,” tutur Oddy.

Ia mengatakan bahwa Oddy dan timya juga bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, untuk mengemas Geowisata di Kota Malang. Namun ia masih belum menemukan gambaran pastinya seperti apa.

“Goalsnya, kita ingin meng-kickstart bahwa Kota Malang juga punya Geo wisata,” tutup Oddy.
(rco/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?