Fenomena Langka, Pasir Mengalir Tanpa Air di Gunung Semeru

fenomena pasir semeru mengalir tanpa air
Tangkapan layar video fenomena pasir mengalir tanpa air di Gunung Semeru Kamis (15/`12/2022) (Foto: Twitter @mountnesia)

Blok-a.com – Warga Lumajang digegerkan dengan dengan fenomena pasir mengalir tanpa disertai air di wilayah Gunung Semeru.

Fenomena langka tersebut diabadikan oleh salah satu warga dan kemudian diunggah oleh akun Twitter @mountnesia pada Jumat (16/12/2022).

“Telah terjadi fenomena aliran sungai pasir panas di jalur lahar Gunung Semeru kemarin Kamis 15 Desember 2022. Fenomena ini direkam oleh warga dan dirasa sangat aneh. Dimana aliran pasir panas itu terlihat seperti sungai, namun katanya tak ada airnya,” tulis pemilik akun dalam keterangan unggahannya.

Menurut informasi yang beredar, kejadian ini disebut terjadi pada Kamis (15/12/2022) sekitar pukul 15.00 sore di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Dalam video yang berdurasi kurang dari 30 detik itu, terlihat tampak pasir mengalir deras bagaikan aliran sungai.

Tak lama setelah viral, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jatim Satriyo Nurseno pun mengonfirmasi adanya fenomena tersebut di wilayah kerjanya.

“Menurut informasi dari Agen Bencana Jatim Kabupaten Lumajang, kejadian itu memang benar terjadi. “Kejadian tersebut terjadi di Dusun Bondeli, Desa Sumberwuluh, Candipuro sekitar pukul 15.00 WIB,” ujar Satriyo, seperti dikutip dari Detikcom.

Satriyo mngatakan bahwa peristiwa ini adalah fenomena biasa dan warga setempat pun sudah tidak asing dengan kejadian tersebut. Fenomena pasir mengalir tersebut terjadi karena lokasi itu adalah jalur lahar dari Semeru.

“Kejadian tersebut memang sudah biasa terjadi dikarenakan lokasi tersebut memang jalur dari lahar (Semeru),” katanya.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?