Fakta-fakta Soal Maling Curi HP Jamaah yang Tertidur di Masjid Istiqlal

masjid istiqlal
tangkapan layar video detik-detik seorang pria curi HP jamaah yang tertidur di Masjid Istiqlal (@lensa_berita_jakarta)

Blok-a.com – Beredar di media sosial sebuah video yang memperlihatkan aksi seorang pria mengambil HP milik orang yang sedang tertidur di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Tindakan pencurian itu terekam dalam kamera CCTV masjid dan kemudian diunggah oleh akun Instagram @lensa_berita_jakarta pada Senin (1/5/2023).

“Terekam oleh kamera CCTV pelaku Maling HP di Masjid Istiqlal milik jamaah yang sedang istirahat,” tulis keterangan akun @lensa_berita_jakarta dikutip Blok-a.com.

Untuk mengetahui kasusnya lebih lanjut, simak fakta-fakta soal pencurian HP di Masjid Istiqlal berikut ini.

1. Kronologi Kejadian

Kejadian pencurian ini bermula saat korban tengah tertidur pulas diarea masjid. Saat itu terdapat seorang pria yang menggunakan pakaian serba hitam, secara diam-diam menghampiri korban yang tertidur.

Ia sempat berputar ke belakang dan melihat situasi sekitar. Dirasa cukup aman, pelaku kemudian mengambil ponsel korban yang ditaruh di atas tas. Setelah mengambil ponsel milik korban, pelaku pun pergi meninggalkan lokasi.

2. Kepergok Petugas Keamanan

Ketika korban menyadari ponselnya tidak ada, dia langsung melaporkannya kepada pihak keamanan Masjid Istiqlal dan melakukan pengecekan CCTV.

Setelah ditelusuri, ternyata pelaku masih berada di kawasan masjid, tepatnya di dekat pintu Al-Falah. Korban bersama petugas CCTV pun menghampiri pelaku untuk menanyakan keberadaan ponselnya.

Usai ditunjukkan rekaman kamera pengintai, pelaku tak bisa berbohong, hingga akhirnya pelaku diamankan oleh pihak keamanan Masjid Istiqlal.

3. Motif Pencurian

Kapolsek Sawah Besar AKP Dhanar Dhono Vernandhie membenarkan peristiwa tersebut. Berdasarkan keterangan Dhanar, pelaku mengaku mencuri ponsel milik jemaah dengan alasan iseng.

“Setelah didalami apa motifnya, hanya iseng saja. Dia (pelaku) sudah mengakui juga kekeliruannya,” ujar Dhanar dikutip Kompas.com.

Lebih lanjut, Dhanar mengatakan bahwa bagian seksi pembinaan dan keamanan dalam (pamdal) Masjid Istiqlal sudah menyelesaikan kasus tersebut.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?