Dispendukcapil Jadi Layanan Paling Favorit di MPP Kabupaten Malang

Ilustrasi masyarakat tengah mengambil nomor antrian pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Malang Makmur. (Blok-a.com/Putu Ayu Pratama S)
Ilustrasi masyarakat tengah mengambil nomor antrian pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Malang Makmur. (Blok-a.com/Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, blok-a.com – 18 pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dikemas mejadi satu di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Malang. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) menjadi pelayanan yang paling banyak didatangi oleh masyarakat.

MPP Kabupaten Malang mulai dilakukan uji coba sejak 3 April hingga 3 bulan kedepan. Selanjutnya MPP yang terletak di Ex Kantor Dispendukcapil tersebut akan segera diresmikan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang, Subur Hutagalung menuturkan, MPP yang diberi nama “Malang Makmur” itu memiliki 18 layanan publik.

Selain Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), lanjut Subur, di MPP Malang Makmur juga terdapat pelayanan publik lainnya. Seperti pelayanan perbankan, kepolisian, BPJS Kesehatan dan masih banyak lainnya.

“Terdapat 18 pelayanan, mulai dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Cipta Karya, Bina Marga, Pengadaan Barang dan Jasa. Sementara dari eksternal, ada pelayanan kepolisian, Pengadilan Agama, KPP Pratama, Cukai dan masih banyak lainnya,” beber Subur saat dikonfirmasi blok-a.com, Kamis (13/04/2023).

Subur pun mengungkapkan bahwa Dispendukcapil dan Online Single Submission (OSS) menjadi pelayanan paling favorit di MPP Malang Makmur.

“Sampai saat ini yang banyak didatangi masyrakat yaitu Dispendukcapil, ada juga OSS, dari BPJS kesehatan juga ada,” terangnya.

Sementara itu, dari pantauan blok-a.com di lapangan, pada Rabu (11/4/2023) kemarin, antrean paling banyak didatangi masyarakat yakni pelayanan di Dispendukcapil. Yakni sebesar 34 pelayanan dari 200 kuota antrean yang disiapkan.

Sementara itu, untuk pelayanan OSS sendiri sebanyak 10 layanan dari 50 kuota antrean yang telah disiapkan.

Sebagai informasi tambahan, sejumlah pelayanan yang dapat ditemui di MPP Malang Makmur diantaranya yakni, Perumda Tirta Kanjuruhan, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Polres Malang.

Selain itu juga, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Malang, dan Kantor Pertanahan Kabupaten Malang.

Sementara itu, dari SKPD Pemkab Malang, ada Pengadilan Agama Kabupaten Malang, UPT. Pengelolaan Pendapatan Daerah Malang Selatan (SAMSAT), BPR Artha Kanjuruhan, dan tentunya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang yang juga sebagai komando MPP Malang Makmur itu sendiri. (ptu/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?