Diselimuti Abu Vulkanik, Warga Lereng Gunung Merapi Perlukan Bantuan Pakan Ternak

erupsi gunung semeru
Tangkapan layar video kondisi ladang rumput di desa sekitar lereng Gunung Merapi yang tertutup abu vulkanik (foto: Twitter/@merapi_uncover)

Blok-a.com – Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu (11/3/2023) telah mengakibatkan warga kesulitan mencari pakan ternak.

Kesulitan mencari pakan ternak itu dirasakan oleh warga yang tinggal di desa sekitar lereng Gunung Merapi. Desa tersebut diantaranya adalah, Desa Paten, Desa Krinjing, dan Desa Kaningar.

Mereka tak bisa memberi makan hewan ternak lantaran rumput masih ditutupi oleh abu vulkanik muntahan dari Erupsi Gunung Merapi.

Keluhan warga terkait sulitnya mencari pakan ternak itu dibagikan oleh akun Twitter @merapi_uncover pada Senin (13/3/2023).

“Saudara Saudaraku Tercinta saat ini saudara kita di lereng merapi membutuhkan uluran tangan kita yaitu PAKAN TERNAK. Sumber pakan ternak mereka terkena Abu Vulkanik. Mohon bantuannya untuk pakan ternak,” tulis @merapi_uncover dikutip Blok-a.com.

Dalam video yang berdurasi sekitar satu menit, terlihat kondisi ladang rumput tengah diselimuti abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru.

Video tersebut direkam oleh seorang pria. Pria itu menuturkan bahwa saat ini kondisi rumput tidak memungkinkan untuk diberikan ke hewan ternak.

Oleh karena itu, ia pun berharap agar relawan atau masyarakat dapat menyalurkan bantuan berupa pakan ternak di desa tersebut.

“Jadi untuk pakan ternak disini sangat kotor dan tidak memungkinkan untuk diberikan ke ternak,” ujar seorang pria dalam video.

“Jadi relawan pakan ternak saat ini sangat dibutuhkan temen-temen, jadi kalau ada yang membantu untuk pakan ternak akan sangat membantu buat warga yang ada diatas,” lanjutnya.

Tak lama setelah diunggah, video yang memperlihatkan kondisi ladang rumput diselimuti abu ini viral dan mendapat banyak tanggapan dari warganet.

Banyak dari mereka yang turut prihatin dengan kondisi di desa tersebut. Sebagian warganet juga memberikan saran kepada warga terdampak untuk menjual hewan ternaknya atau mencuci rumput yang terkena abu.

“Saya doakan semoga hujan lebat setengah hari. Agar daun-daunan jadi bersih, dan debu di awan ikutan turun,” tulis akun @lhayesno.

“Opsi: Jual ternak, Cuci rumput pakan, stok air aman ga kedampak abu, Cari spot ngarit yg tidak terdampak abu,” lanjut @mystingray91.

“Sebaiknya Pemda Propinsi membeli dulu ternak warga biar harganya wajar, krn pakan tdk tersedia,” ujar @adekoedin3.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?