Deretan Manfaat Minum Air Rebusan Cengkeh yang Jarang Diketahui

air rebusan cengkeh
air rebusan cengkeh

Blok-a.com – Selain bisa dijadikan bumbu dapur, ternyata hasil dari air rebusan cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Seperti diketahui, cengkeh merupakan merupakan tanaman tropis asli Indonesia yang dapat tumbuh di berbagai daerah di Indonesia, baik di dataran rendah, dekat pantai, maupun daerah pegunungan di ketinggian 900 mdpl.

Pada umumnya, cengkeh biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk memperkuat wangi masakan. Selain itu, cengkeh juga menjadi bahan utama rokok kretek khas Indonesia.

Namun, tak sedikit pula orang yang menggunakan cengkeh untuk kesehatan tubuh. Biasanya mereka menggunakannya dengan cara merebus cengkeh, karena cengkeh kaya akan senyawa aktif.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu Mencegah Kanker

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa eugenol yang terkandung dalam cengkeh dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker. Salah satunya adalah studi tabung yang dipublikasikan pada US National Library of Medicine 2014 silam.

Studi tersebut menemukan bahwa ekstrak cengkeh dapat membantu menghentikan pertumbuhan tumor dan meningkatkan kematian sel pada kanker. Meski begitu, penelitian lebih lanjut tentu diperlukan guna menguji dosis dan efektivitasnya pada manusia.

2. Melindungi Tubuh dari Bakteri

Cengkeh telah terbukti memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh dapat membunuh bakteri E. coli. Perlu diingat bahwa bakteri E. coli sendiri merupakan salah satu pemicu terjadinya keracunan makanan.

Menariknya lagi, sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2014 silam mengatakan, cengkeh dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi. Maka dari itu, mengonsumsi air rebusan cengkeh juga dapat menjaga kesehatan mulut.

3. Mengurangi sakit gigi dan gusi

Minyak cengkeh dipercaya bisa mengatasi nyeri akibat sakit gigi. Hal ini karena kandungan senyawa eugenol di dalam cengkeh mampu mengurangi bengkak dan

Cengkeh juga terlihat memiliki efek antioksidan, antikuman, dan antijamur. Meski demikian, belum ada cukup bukti ilmiah yang mendukung efektivitas manfaat cengkeh dalam meredakan sakit gigi.

4. Membantu mengobati tukak lambung

Tukak lambung terjadi akibat penipisan lendir lambung atau meningkatnya asam lambung yang dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti stres dan infeksi. Konsumsi cengkeh pada penderita tukak lambung diduga mampu membantu mengatasi kondisi ini.

Menurut sebuah studi, minyak esensial dari cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung. Lendir lambung berfungsi sebagai penghalang yang mencegah terjadinya luka pada dinding lambung oleh cairan asam lambung.

Akan tetapi, efektivitas atau manfaat cengkeh sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti tukak lambung, masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Penyegar Nafas

Salah satu manfaat cengkeh adalah penyegar aroma dan menjaga kesehatan mulut. Hal itu disebabkan sifat antibakteri pada cengkeh yang mampu mengekang pertumbuhan bakteri terhadap penyakit gusi. Bagi Anda yang sedang berpuasa, bisa mencoba ramuan ini untuk menghilangkan aroma tak sedap.

6. Menjadi Multivitamin bagi Penderita Diabetes

Air rebusan cengkeh juga bisa mengatur kadar gula dalam darah, karena dalam setiap bunga cengkeh terkandung senyawa yang disebut nigericin.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?