Cerita Calon Haji Termuda Asal Banyuwangi, Sudah Daftar Sejak SD

Ilustrasi. (dok. Kemenag RI)

Banyuwangi, blok-a.com – Moch Hafish Zakyzima (19), adalah Calon Jamaah Haji (CJH) termuda dari Dusun Sepanjang Kulon, Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Putra dari Bacaleg Partai Nasdem, H. Kurdi Ismail ini, didaftarkan haji sejak ia masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

“Niat saya memberangkatkan haji anak saya ini sejak tahun 2011 lalu saat itu ia masih SD. Alhamdulillah, pada ibadah haji 1444 hijriah atau tahun 2023 ini anak saya berangkat ke tanah suci Mekkah,” ujar H. Kurdi usai menggelar Walimatus Safar Haji atau tasyakuran menjelang keberangkatannya, Kamis (8/6/2023) sore.

Dari data kementerian agama (Kemenag) Banyuwangi pada tahun ini Banyuwangi akan memberangkatkan 978 CJH.

Anak pasangan H. Kurdi Ismail dan Hj. Uswatun Hasanah berangkat ke tanah suci bersama paman dan bibinya.

“Anak saya bersama paman dan bibinya akan berangkat dari rumah ke asrama haji Sukolilo Surabaya pada Jum’at (9/6)2023) sekitar pukul 05.00 pagi,” terangnya.

Saat ini, Moch Hafish Zakyzima tercatat sebagai Satri di Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Qur’an Yasinat Desa Wuluhan, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Moch Hafish Zakyzima (19) Calon Jamaah Haji termuda Banyuwangi dan Jawa timur asal Dusun Sepang, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Kamis (8/6/2023).(blok-a.com/Kuryanto)
Moch Hafish Zakyzima (19) Calon Jamaah Haji termuda Banyuwangi dan Jawa timur asal Dusun Sepang, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Kamis (8/6/2023).(blok-a.com/Kuryanto)

Saat acara Walimatus Safar Haji atau tasyakuran menjelang keberangkatan ke tanah suci Mekkah, Pengasuh Ponpes, KH Imam Baghowi Burhan, terlihat hadir dan mendoakan agar Moch Hafish Zakyzima bisa melaksanakan rukun haji, dan menjadi haji mabrur.

“Pengasuh Ponpes, KH. Imam Baghowi Burhan hadir di acara walimatus Safar haji, beliau mendoakan agar Moch Hafish Zakyzima, beserta paman dan bibinya sehat, sehingga bisa menjalankan ibadah haji dengan baik,” terangnya.

Kedatangan KH. Imam Baghowi disambut tokoh ulama, dan tokoh masyarakat Kecamatan Glenmore.

KH. Imam Baghowi mengungkapkan, Moch Hafish Zakyzima merupakan santri yang bisa dijadikan panutan dan tauladan bagi santri seusianya. Terlebih ia kini tercatat sebagai calon haji termuda asal Banyuwangi.

“Moch Hafish mondok dan sekolah di Ponpes Tahfidzul Qur’an Yasinat sudah berjalan 8 tahun, pengabdianya di Ponpes saat ini sebagai pengasuh dan pengurus santri – santri kecil yang masih duduk di bangku SD mulai kelas 1 sampai Kelas 6,” ucapa KH Imam Baghowi Burhan dalam sambutanya.

Pihak Ponpes berterimakasih pada Moch Hafish atas pengabdianya yang selama ini begitu telaten dan sabar mendidik santri – santrinya. Saat ini santri – santri kecil hasil didikanya rata – rata sudah fasih ngajinya dan banyak yang berprestasi.

“Pesan saya pada Moch Hafish, jalanilah ibadah haji dengan khusuk dan ikhlas. Mudah – mudahan menjadi haji yang Mabrur,” sambung KH Imam, yang disambut dengan ucapan Amin, oleh seluruh tamu undangan.

Sementara, Moch Hafish Zakyzima sendiri mengatakan, bahwa keberangkatanya ke tanah suci menjadi CJH atas kemauannya dan dibiayai kedua orang tuanya. Dirinya akan berangkat pada gelombang kedua.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada kedua orang tua saya yang telah membiayai saya hingga hari ini saya bisa berangkat ke tanah suci menjalani ibadah haji. Mudah – mudahan Alloh memberikan keberkahan, kenikmatan, kesehatan dan balasan yang setimpal kepada kedua orang tua saya,” harap Moch Hafish.

Terpisah, Plt Kasie Perjalanan haji dan Umroh Kemenag Banyuwangi, H. Muklis mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Kanwil Kemenag Jatim, jadwal keberangkatan Kloter Embarkasi Surabaya 1444 H/2023 M, jamaah haji Banyuwangi akan dilakukan pada 15 Juni 2023 mendatang.

Ia menjelaskan, jamaah haji Banyuwangi yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 62 dan 63 semuanya berasal dari Banyuwangi, sedangkan kloter 64 beberapa jamaah akan bergabung dengan kabupaten lain.

“Jamaah haji Banyuwangi tergabung dalam kloter 62 dan 63, yang rencananya akan diberangkatkan dari Banyuwangi pada 15 Juni 2023 mendatang,” kata Muklis pada awak media.

“Setelah seluruh calon jamaah masuk Asrama Haji Sukolilo, selanjutkan akan diberangkatkan menuju Arab Saudi dari bandara Juanda,” tambahnya. (kur/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?