Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur menyabet Juara 1 BKR (Bina Keluarga Remaja) Percontohan, di Hotel MG Setos, Minggu (29/10/2023).
Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur menyabet Juara 1 BKR (Bina Keluarga Remaja) Percontohan, di Hotel MG Setos, Minggu (29/10/2023).

BKKBN Jatim Jawara 1 BKR Percontohan Nasional

Semarang, blok-a.com – Rangkaian acara GenRe Award di Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja 2023, menobatkan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur menyabet Juara 1 BKR (Bina Keluarga Remaja) Percontohan, di Hotel MG Setos, Minggu (29/10/2023).

Opening ceremony dihadiri oleh Kepala BKKBN RI beserta jajaran, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, PJ. Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Semarang, kepala perwakilan BKKBN provinsi dan seluruh peserta ADU JAK Nasional 2023.

Adapun BKR Blambangan, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi berhasil mewakili Jawa Timur dan meraih Juara 1 BKR Pecontohan Nasional 2023.

Kepala BKKBN dokter Hasto Wardoyo mengatakan apresiasi duta genre dan jambore kreativitas remaja tingkat nasional merupakan ajang rutin digelar setiap tahun.

“Kita optimis, keberadaan Generasi Berencana ini akan membawa masa depan Indonesia yang lebih cerah, lebih sejahtera. Ditambah keberadaan Bina Keluarga Remaja yang telah memberikan pemahaman dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja,” kata dokter Hasto.

Kepala BKKBN ini juga menyampaikan apresiasi atas tekad para remaja untuk tidak menikah di usia muda, tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah, dan juga tidak mau menggunakan narkotika dan zat adiktif berbahaya.

“Ini luar biasa, karena ketika ketiganya ini dilakukan, maka adik-adik akan menjadi generasi yang unggul untuk Indonesia Emas,” kata Hasto.

Di sini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati, mengaku bangga dengan pencapaian penghargaan yang disabet oleh kelompok BKR Blambangan.

“Selamat dan sukses atas prestasi yang diraih kelompok BKR Blambangan, Banyuwangi. Hal yang sangat membanggakan dan membahagiakan. Dan tentu prestasi ini akan menumbukan semangat dan motivasi bagi kelompok BKR lain di Jawa Timur,” ujarnya.

“Apresiasi ini merupakan sebuah perjuangan dalam Pengelolaan Program Bangga Kencana dan untuk mewujudkan kepedulian! dan tanggungjawab orang tua dalam membimbing dan mengarahkan anak dan remaja melalui interaksi yang harmonis, melalui implementasi modul 1001 cara bicara orang tua dengan remaja,” pungkas Erna.

Kegiatan Apresiasi DutaGenRe dan Jambore Kreativitas Remaja masih berlangsung dari 28 Oktober hingga 1 November 2023, puncak acara nanti akan dilaksanakan di Taman Indonesia Kaya, Kota Semarang.(kim)