AHM Digugat Perusahaan Sepeda Asal AS, Ini Perkaranya

Blok-a.com – PT Astra Honda Motor (AHM), perusahaan manufaktur sepeda motor terkemuka di Indonesia, baru-baru ini digugat oleh sebuah perusahaan asal Amerika Serikat (AS), yakni Trek Bicycle Corporation.

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Trek Bicycle Corporation telah mendaftarkan gugatannya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta pada Jumat (7/7/2023) lalu.

Gugatan Trek Bicycle Corporation ini terdaftar dengan nomor perkara 70/Pdt.Sus-HKI/Merek/2023/PN Niaga Jkt.Pst. 

Dalam perkara ini, AHM dinyatakan tidak menggunakan merek Marlin selama tiga tahun berturut-turut. Trek Bicycle pun meminta AHM agar menghapuskan pendaftaran merek Marlin dari daftar umum merek.

“Menyatakan tergugat tidak menggunakan merek MARLIN terdaftar No. IDM000168136 selama tiga tahun berturut-turut dalam perdagangan barang sejak tanggal pendaftaran atau pemakaian terakhir,” bunyi tuntutan tersebut dalam laman SIPP dikutip Blok-a.com, Sabtu (22/7/2023).

Bila dilihat pada laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Marlin merupakan merek yang masuk kode kelas 12 dan masuk ke jenis barang peralatan kendaraan, suku cadang, serta aksesori.

Merek ini terdaftar dengan nomor pendaftaran IDM000168136 yang didaftarkan PT Astra Honda Motor pada 8 Juli 2008. Tanggal dimulai perlindungan merek ini tercatat sejak 23 November 2006 dan akan berakhir pada 23 November 2026.

Pada Kamis (20/7/2023) kemarin, PN Jakarta telah menggelar sidang pertama. Namun sidang itu hanya dihadiri kuasa hukum Trek Bicycle Corporation Marodin Sijabat. Sedangkan perwakilan AHM terpantau tidak hadir pada hari itu.

Majelis Hakim PN Jakarta Pusat pun memutuskan untuk menunda jadwal sidang pertama selama dua minggu, sampai 3 Agustus 2023.

Sebagai informasi tambahan, Trek Bicycle Corporation merupakan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang bergerak pada industri pembuatan sepeda. Perusahaan ini telah menjual berbagai produknya ke belahan dunia yang salah satunya juga Indonesia.

Trek Bicycle Corporation memulai produksinya pada tahun 1976. Produksinya meliputi berbagai macam sepeda yang terbagi dalam beberapa jenis klasifikasi. Terdapat sepada balap, sepeda gunung, hingga aneka jenis sepeda yang digunakan secara khusus untuk beberapa keperluan. (hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?