Usai Menunggu 12 Tahun, Lovely Tea Jebolan Indiefest Rayakan Rilisan Baru

Para personel Lovely Tea formasi terbaru (blok-a.com)
Para personel Lovely Tea formasi terbaru (blok-a.com)

Surabaya, Blok-a.com – Tahun 2006 adalah ketika Lovely Tea mencoba peruntungannya lewat LA Lights Indiefest. Mereka berhasil menjadi finalis dan masuk Kompilasi Indiefest Vol. 1.

Unit indie-pop asal Kota Pahlawan ini terbentuk pada tahun 2002. Penggagasnya adalah Agra Nurullah dan Gelar Ali, masing-masing berperan sebagai drummer dan pemain bass.

Tahun-tahun tersebut adalah ketika kancah musik independen nasional sedang demam indie-rock, indie-pop, twee, dan Swedish-pop. Lovely Tea menjadi pionir pengusung genre tersebut di Kota Surabaya.

Namun, mereka sendiri mendefinisikan musiknya lebih pas disebut dengan sweet-pop. Ini mengombinasikan elemen-elemen dari twee dan Swedish-pop, serta berbalut swing jazz.

Baru tiga tahun sejak awal terbentuk, Lovely Tea menelurkan debut album bertajuk Train. Mini album Train itu mereka rilis dan produksi secara independen, dan dirilis pada tahun 2005.

Keberanian Lovely Tea menjajal LA Lights Indiefest 2006 menuai sukses. LA Lights Indiefest menjadi ajang bergengsi bagi para musisi independen. Selain berhasil termasuk dalam album kompilasi, mereka juga menerima tawaran kontrak dari Fast Forward Records (FFWD), salah satu label independen perintis yang berbasis di Bandung.

Seperti diketahui, FFWD sudah merilis banyak karya dari nama-nama beken macam The Sigit, MOCCA, Polyester Embassy, Homogenic, dan banyak lagi.

Hanya saja, Lovely Tea gagal memenuhi harapan selama kontrak berjalan. Mereka tidak merilis satu pun album sepanjang tiga tahun di bawah naungan FFWD. Beruntung mereka bisa kembali beraktivitas normal, tanpa perlu menyanggupi kewajiban kontrak.

Sempat Hiatus, Lovely Tea Bangkit

Pada fase berikutnya, mulailah terjadi gonta-ganti formasi. Bahkan dua orang penggagasnya, Agra dan Gelar pun sempat cabut, meski kemudian kembali lagi mengisi posisi yang mereka tinggalkan.

Tahun 2010 mereka akhirnya melahirkan rilisan kedua, kali ini diberi judul Say Hello. Dibarengi dengan peluncuran video klip untuk lagu Tunggulah Diriku.

Baru sejak itulah, nama Lovely Tea muncul lagi ke permukaan. Skena musik independen, khususnya di Surabaya kembali berwarna dengan kehadiran kembali grup indie-pop kebanggaan mereka.

Apalagi, kini mereka sudah memiliki formasi yang relatif matang. Dengan Sesha sebagai vokalis, Genie Anggita (synth, akordion, dan backing vokal), drummer Agra Nurullah, dua gitaris, Gayuh AP dan Waluyo Sugito, serta Gelar Ali pada bass.

Saat ini, setelah lebih dari dua dekade berkiprah dan mengalami pasang surut. Lovely Tea merayakan kembali kelahiran Say Hello yang notabene sudah berumur 12 tahun. Bekerja sama dengan Siderise Music, album ini dirilis secara digital dan sudah tersedia di berbagai platform streaming musik. (gni)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?