Wisata bromo
Wisata Bromo. (Image: merdeka.com/Arie Basuki)

Berikut Rekomendasi Tempat Makan Cocok untuk Dikunjungi Bareng Keluarga di Bromo Malang

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Gunung Bromo dibuka lagi pasca kebakaran kemarin dan dan merupakan waktu yang tepat untuk menjadwa jadwal liburan, sebab saat ini Gunung Bromo mulai menghijau kembali.

Gunung Bromo merupakan destinasi terpopuler di Jawa Timur (Jatim), memiliki pesona pegunungan yang indah, spot mencari matahari terbit hingga lautan pasir yang membentang masih menjadi daya tarik tersendiri.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, berlibur ke Gunung Bromo juga dapat sekalian mencicipi wisata kuliner-nya. Terdapat sejumlah resto yang memiliki sajian menu yang nikmat dengan pemandangan alam yang memukau.

Kalian dapat mampir ke tempat makan di sekitar Gunung Bromo, berikut rekomendasi sejumlah tempat makan yang cocok disinggahi bareng keluarga untuk beristirahat dan mengisi perut yang kosong usai beraktivitas.

1. Gunung Sari Sunset (GSS)

Gunung Sari Sunset atau yang kerap disebut Kafe GSS ini terletak di Jalan Raya Tumpang, Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Tidak hanya menyediakan view yang indah, kafe ini didesain menjadi singgahan yang nyaman.

Berbeda dengan bangunan kafe pada umumnya, GSS menyediakan kafe dengan konsep bangunan kayu sehingga nampak unik dari kafe di sekitarnya.

Tempat ini berkonsep outdoor yang menyuguhkan panorama indahnya pepohonan pinus yang rindang di sepanjang jalan menuju Gunung Bromo, tentunya udaranya juga dapat dipastikan sangat sejuk.

Selain menyediakan kafe, tempat ini juga menyediakan akomodasi penginapan untuk wisatawan yang ingin beristirahat sejenak sembari menunggu waktu sunsite maupun sunrise di Gunung Bromo.

Tak berbeda dengan konsep kafenya, penginapan di GSS ini juga bernuansa kayu yang unik. Hampir seluruh bangunannya terbuat dari kayu, sehingga kesan pedesaannya cukup melekat.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, untuk satu kamar dibandrol mulai dari Rp200 sampai dengan Rp350 ribu permalam. Sangat murah bukan ?

2. Kafe Hillside

Tempat makan ini berlokasi tak jauh dari Gunung Bromo, tepatnya di Jalan Bromo Semeru, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Posisinya dekat dengan pintu masuk ke arah kaldera atau Lautan Pasir Bromo via Jemplang. Sementara jam operasional Kafe Bromo Hillside yakni dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Berada di ketinggian 2.400 mdpl, Bromo Hillside patut disebut sebagai kafe tertinggi di Jawa Timur. Dengan mengusung konsep view 360 derajat kafe ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Menu makanan dan minuman yang disediakan cukup beragam mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Mulai dari harga Rp15 ribu sampai dengan Rp56 ribuan, kalian sudah bisa menikmati kelezatan menu sajiannya dengan suguhan pemandangan yang menajukkan.

3. Linangan Kafe

Restoran ini berada di Jalan Raya Tumoang – Gubugklakah, Besuki Utara, Wiringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Pemandangan di Lintangan Cafe tidak kalah menarik dari kafe lainnya. Hamparan hijau ladang perkebunan masyarakat sekitar dapat memanjakan mata kalian. Suara alam yang masih asri juga akan menciptakan ketenangan.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, kafe satu ini juga menyuguhkan menu makanan yang lezat dengan harga yang masih cukup variatif.

Kalian bisa menikmatin makanan dan minuman, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Dengan harga yang tergolong ramah di kantong, mulai dari Rp12 ribu sampai dengan Rp45 ribu perporsi.

Lintangan Kafe ini bukan hanya sebuah tempat untuk berkuliner saja. Kafe ini juga sebagai rest area bagi wisatawan Gunung Bromo.

Pasalnya, Kafe Lintangan ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB hingga 01.30 WIB alias dini hari. Tak heran, jika banyak wisatawan yang mampir untuk menunggu waktu keberangkat ke spot sunrise di Gunung Bromo.

Berikut ketiga kafe yang cocok dikunjungi bersama keluarga maupun orang terdekat, segera jadwalkan ulang waktu libur kalian yang sempat tertunda. (ptu/bob)