Mengenal Flo, Sistem Pembayaran Tol yang Praktis

daftar tol gratis selama libur nataru
Ilustrasi jalan tol (foto: Pexels.com)

Blok-a.com – Sistem pembayaran tol tanpa berhenti atau yang dikenal dengan nama “Flo” atau “Let It Flo” telah menjadi terobosan besar dalam dunia transportasi jalan raya.

Dilansir dari laman resmi, Let it Flo adalah solusi pembayaran tol berbasis server dan teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Dengan sistem tersebut, pengguna jalan tol tidak perlu menghentikan kendaraannya saat ingin melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol.

Sistem pembayaran tol tanpa berhenti ini telah diuji coba oleh Jasa Marga sejak tahun 2020. Namun, sistem Flo belum digunakan secara massal dan baru diujicobakan di beberapa titik ruas jalan tol di Jabodetabek dan Bali.

Lantas bagaimana cara kerjanya?

  • Registrasi Aplikasi
    Langkah pertama dalam menggunakan sistem Flo adalah dengan cara mengunduh dan mendaftar aplikasi mobile “Let It Flo” yang tersedia.
  • Pemesanan Stiker RFID
    Saat sudah berhasil registrasi, pengguna perlu memesan stiker RFID melalui aplikasi untuk ditempelkan di bagian depan mobil. Stiker ini berisi chip RFID yang berfungsi untuk mengidentifikasi kendaraan saat melewati gerbang tol.
  • Top-Up Saldo
    Pengguna perlu mengisi saldo di akun Flo mereka melalui aplikasi mobile atau metode pembayaran yang tersedia. Saldo ini akan digunakan untuk membayar tol otomatis setiap kali kendaraan melewati gerbang tol.
  • Pengenalan Kendaraan
    Saat kendaraan mendekati gerbang tol, sistem RFID akan mendeteksi stiker RFID yang terpasang pada kendaraan. Informasi kendaraan, seperti nomor plat dan saldo akun, akan dibaca oleh sistem.
  • Pembayaran Otomatis
    Setelah identifikasi kendaraan berhasil, sistem akan secara otomatis mengurangkan biaya tol dari saldo akun pengguna. Transaksi ini terjadi tanpa perlu berhenti atau menghadap petugas tol, sehingga kendaraan dapat melanjutkan perjalanan tanpa hambatan.
  • Notifikasi dan Rekam Transaksi
    Pengguna akan menerima notifikasi melalui aplikasi mobile setelah setiap transaksi tol berhasil dilakukan. Selain itu, semua transaksi tol akan direkam dalam riwayat transaksi pengguna di aplikasi.
  • Monitoring dan Manajemen Saldo
    Pengguna dapat melacak saldo akun mereka dan melakukan top-up kapan saja melalui aplikasi mobile. Mereka juga dapat melihat riwayat transaksi dan memantau penggunaan kendaraan mereka.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?