Hati-hati! Ini Dampak Buruk Pakai High Heels Terlalu Lama

Ilustrasi sepatu medium Heels atau sepatu hak tinggi medium (iStockphoto)

Blok-a.com – High heels atau sepatu hak tinggi adalah salah satu jenis alas kaki yang banyak digemari oleh wanita. Sepatu ini tidak hanya memberikan peningkatan tinggi visual, tetapi juga meningkatkan gaya dan percaya diri.

Namun, penggunaan high heels terlalu lama dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan kaki dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Salah satu masalah umum yang sering muncul akibat penggunaan high heels yang berlebihan adalah varises.

Varises adalah kondisi di mana pembuluh darah vena mengalami pelebaran dan melengkung, seringkali terlihat seperti benang biru atau ungu yang menjalar di sepanjang kaki.

Penggunaan high heels terlalu lama dapat mempengaruhi aliran darah di kaki, karena sepatu ini membuat beban yang tidak seimbang pada kaki dan merusak sirkulasi darah normal.

Tekanan yang tinggi pada kaki akibat high heels dapat membuat katup dalam pembuluh darah tidak berfungsi dengan baik, sehingga darah sulit mengalir kembali ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan darah terjebak di pembuluh vena dan menyebabkan pembengkakan serta pembentukan varises.

Selain varises, penggunaan high heels terlalu lama juga dapat menyebabkan beberapa masalah lainnya. Berikut adalah beberapa bahaya yang terkait dengan penggunaan high heels yang berlebihan:

Sakit punggung

Ketika mengenakan high heels, tubuh cenderung terdorong maju, sehingga memaksa punggung untuk melengkung. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan dan rasa sakit pada otot-otot punggung.

Sakit lutut

High heels menyebabkan perubahan pada posisi kaki dan lutut. Penekanan yang berlebihan pada lutut dapat menyebabkan nyeri dan merusak sendi lutut dalam jangka panjang.

Ketegangan otot betis

Penggunaan high heels dapat mempersingkat otot betis dan membuatnya tegang. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, kram, dan ketidaknyamanan pada betis.

Cedera pergelangan kaki

High heels meningkatkan risiko cedera pergelangan kaki, terutama jika Anda tidak terbiasa mengenakannya. Ketinggian sepatu yang tinggi dapat membuat kaki tidak stabil dan mudah terjatuh atau terkilir.

Untuk mengurangi dampak buruk penggunaan high heels terlalu lama, ada beberapa langkah yang dapat diambil.

Pertama, hindari mengenakan high heels setiap hari dan berikan kaki Anda waktu istirahat dengan memilih alas kaki yang lebih nyaman. Jika Anda harus mengenakan high heels, pilih yang memiliki ketinggian hak yang lebih rendah dan sol yang empuk untuk mengurangi tekanan pada kaki.

Selain itu, lakukan peregangan dan latihan otot kaki secara teratur untuk memperkuat otot-otot kaki dan mengurangi risiko cedera. Jaga juga berat badan Anda dalam kisaran yang sehat, karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan beban pada kaki.

Penting untuk memahami bahwa penggunaan high heels secara teratur dan berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan kaki dan tubuh secara keseluruhan. Jadi, selalu prioritaskan kesehatan Anda dan jangan ragu untuk memilih kenyamanan daripada penampilan ketika memilih alas kaki.(mid)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?