Doa Penutup Bulan Syaban dan Awal Ramadan Lengkap Beserta Arab dan Artinya

doa awal ramadan
Ilustrasi berdoa ()

Blok-a.com – Berikut bacaan doa penutup bulan Syaban dan doa awal Ramadan 1444 Hijriah. Umat Islam dianjurkan untuk berdoa untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadaan.

Setiap Ramadan, seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh, sebagaimana Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman, yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183

Ada berbagai keistimewaan pada bulan suci Ramadan, salah satunya dibuka pintu surga dan ditutupnya pintu neraka.

Doa Penutup Bulan Syaban

Diantara amalan para ulama salaf di akhir bulan Syaban dan menjelang masuk bulan Ramadhan adalah memperbanyak membaca Al-Quran dan berdoa kepada Allah. Di antara doa akhir bulan Syaban yang sering dibaca, sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Muhammad Ali Yamani berikut:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا بَقِيَ مِنْ شَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ يَارَحِيْمُ يَارَحْمَنُ يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَلْهِمْناَ فِيْ أَمْرِنَا الصَّوَابَ وَيَسِّرْ لَنَا فِيْ كُلِّ مَسْأَلَةٍ جَوَاباً وَنَجِّنَا مِنْ كُلِّ أَلْوَانِ اْلعَذَابِ وَبَيِّضْ وُجُوْهَنَا يَوْمَ يَشْتَدُّ اْلحِسَابُ وَزَيِّنْ مَجْلِسَنَا بِخَيْرِ اْلأَصْحَابِ وَاجْعَلْ دُعَائَنَا دُعَاءً مُسْتَجَابًا. اَللًّهُمَّ أَبْعِدْ عَنَّا وَعَنْ أَحِبَّتِنَا مَتَاعِبَ الدُّنْيَا، وَلَا تَذُقْناَ طُعْمَ اْلحَزْنِ وَلَا دُمُوْعَ الضِّيْقِ. اَللَّهُمَّ بِحَجْمِ سَمَائِكَ أَرِحْ قُلُوْبَنَا وَأَسْعِدْنَا سَعَادَةً لاَ تَفْنَى.
اَللَّهُمَّ أرْحَمْ أَمْوَاتَنَا يَنْتَظِرُوْنَ مِنَّا الدُّعَاءَ وَأغْفِرْ لَهُمْ وَنَوِّرْ قُبُوْرَهُمْ وَأجْعَلْ قُبُوْرَهُم بَرْدًا وَسَلاَمًا. اَللَّهُمَّ آنِسْ مَيِّتَنَا فِيْ وَحْدَتِهِمْ وَفِيْ وَحْشَتِهِمْ وَفِيْ غُرْبَتِهِمْ وَافْرُشْ قُبُوْرَهُمْ مِنْ فِرَاشِ اْلجَنَّةِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di sisa hari bulan Sya’ban dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan, wahai Dzat Yang Maha Pengasih, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Tuhan semesta alam.

Ya Allah, berilah dalam urusan kami kebenaran, mudahkanlah dalam setiap masalah kami untuk menemukan solusi, selamatkanlah kami dari setiap macam-macam siksaan, putihkanlah wajah kami (dengan cahaya) di hari perhitungan yang sangat dahsyat, hiasilah majelis kami dengan sahabat-sahabat yang baik, dan jadikanlah doa kami sebagai doa yang terkabul.

Ya Allah, jauhkanlah kami dan orang-orang yang kami cintai dari segala penderitaan dunia, dan janganlah Engkau mencicipkan pada kami rasa sedih dan air mata kesempitan. Ya Allah, dengan ukuran langit-Mu, maka tenangkanlah hati kami dan berilah kami kebahagian yang tidak binasa.

Ya Allah, kasihanilah para leluhur kami yang telah mati yang mana mereka senantiasa menunggu doa dari kami, ampunilah mereka, berilah cahaya kuburan mereka, dan jadikanlah kuburan mereka sejuk dan selamat.

Ya Allah, hiburlah para leluhur kami yang telah mati di dalam kesendirian mereka, di dalam kerisauan mereka, dan di dalam keasingan mereka. Berilah kuburan mereka dengan permadani surga dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih”.

Doa Menyambut Bulan Ramadan

Selain itu Imam Ja’far Ash-Shadiq selalu membaca doa ini pada malam-malam terakhir bulan Syaban dan malam pertama bulan Ramadhan. Berikut doanya:

.بسم الله الرحمن الرحيم. اللهم صل على محمد وآل محمد
اَللّـهُمَّ اِنَّ هذَا الشَّهْرَ الْمُبارَكَ الَّذي اُنْزِلَ فيهِ الْقُرآنُ وَجُعِلَ هُدىً لِلنّاسِ وَبَيِّناتِ مِنَ الْهُدى وَالْفُرْقانِ قَدْ حَضَرَ فَسَلِّمْنا فيهِ وَسَلَّمْهُ لَنا وَتَسَلِّمْهُ ‏مِنّا في يُسْر مِنْكَ وعافِيَة، يا مَنْ اَخَذَ الْقَليلَ، وَشَكَرَ الْكَثيرَ، اِقْبَل مِنِّى الْيَسيرَ

Artinya: ” Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, sampaikanlah sholawat kepada Rasulullah dan kepada keluarganya. Ya Allah, sesungguhnya bulan ini adalah bulan yang penuh berkah. Bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an dan dijadikan petunjuk bagi manusia, penjelasan dari petunjuk dan pembeda. Bulan Ramadhan telah datang, maka selamatkan kami di dalamnya. Selamatkan ia bagi kami dan jadikan ia keselamatan bagi kamu dalam kemudahan dan keselamatan dari-Mu. Wahai yang menerima amal yang sedikit dan mensyukuri yang banyak, terimalah dariku amal yang sedikit.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?