Sukses Jadi Tuan Rumah Porseni MI Jawa Timur 2023, Banyuwangi Banjir Apresiasi

Pengumuman Porseni MI tingkat Provinsi Jatim yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi, Rabu (18/10/2023) malam. (blok-a.com/Kuryanto)
Pengumuman Porseni MI tingkat Provinsi Jatim yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi, Rabu (18/10/2023) malam. (blok-a.com/Kuryanto)

Banyuwangi, blok-a.com – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Provinsi Jawa Timur ke-8 tahun 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi telah sampai pada puncaknya.

Hasil Porseni tersebut diumumkan pada Rabu (18/10/2023) malam di aula MAN 1 Banyuwangi.

Acara tersebut dihadiri oleh peserta, pejabat, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten/Kota, panitia penyelenggara, dan ASN di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Bagian Sekretariat Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, H. Santoso, turut hadir dalam acara tersebut sekaligus menutup perhelatan dua tahunan ini.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Kemenag Kabupaten Banyuwangi yang dianggap sukses menjadi tuan rumah karena telah berhasil melaksanakan kegiatan ini dengan sangat baik.

“Pembukaan Porseni Provinsi Jawa Timur yang sangat meriah baru kita lihat di Banyuwangi ini,” kata Santoso, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Kemenag Kabupaten Banyuwangi.

Sementara itu, Kakankemenag Kabupaten Banyuwangi, Dr. Moh. Amak Burhanudin, juga menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara Porseni karena telah melaksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab dan transparan.

“Dalam bidang seni, kami melakukan streaming sehingga jejaknya masih dapat diakses. Bahkan para orang tua yang tidak dapat hadir di Banyuwangi dapat mengikuti acara secara daring dari rumah mereka,” kata Amak.

Kesuksesan Porseni Banyuwangi

Menurut pejabat asal Kediri tersebut, Porseni kali ini sukses dalam tiga aspek, yaitu Sukses Pra Pelaksanaan, Sukses Pelaksanaan dengan memberikan rasa nyaman dan aman bagi seluruh kontingen, dan Sukses menjadi juara dalam Porseni.

Kontingen Banyuwangi berada di peringkat pertama dalam Porseni kali ini, mengalahkan Kontingen Tulungagung yang sebelumnya menduduki peringkat pertama.

Kedua kontingen tersebut dalam Porseni ke-8 ini masing-masing meraih 5 juara pertama dalam berbagai cabang lomba, dengan Banyuwangi memiliki keunggulan 1 juara kedua dalam salah satu cabang lomba. Di sisi lain, Tulungagung tidak meraih juara kedua dalam cabang lomba apapun.

Kontingen Kabupaten Banyuwangi terutama unggul dalam bidang seni, yang sebelumnya juga mendominasi. Mereka berhasil meraih juara pertama dalam empat cabang lomba, yaitu Menyanyi Lagu Islami, Baca Puisi, Pildacil Bahasa Inggris, dan Pildacil Bahasa Indonesia.

Persiapan dalam bidang seni ini tidak terlepas dari peran pengurus kontingen yang mengandalkan Dewan Kesenian Belambangan (DKB) dan komunitas Lentera Sastra.

“Pidato Bahasa Inggris dipersiapkan dengan baik oleh Pak Aekanu Hariyono, seorang guide internasional yang menjadi guru bagi para pemandu wisata di Kabupaten Banyuwangi,” ungkap Amak.

Kepala Kakankemenag Kota Malang, Achmad Shampton, yang juga hadir dalam penutupan Porseni, sangat puas dengan pelaksanaan Porseni di Kabupaten Banyuwangi.

Dengan mengenakan Udeng khas Banyuwangi yang diberikan oleh Syafaat, Ketua Komunitas Lentera Sastra, Gus Shampton diamanahkan untuk membacakan doa dalam penutupan acara.

Ini bukan kali pertama Pengasuh pondok Pesantren Nurul Huda Mergosono Kota Malang itu mengunjungi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi.

Beberapa tahun sebelumnya, ketika masih menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) sekaligus Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Operator Sistem Informasi Manajemen Haji (FK-OSI), ia pernah mengadakan pertemuan Wilayah FK-OSI Jawa Timur di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi.(kur/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?