Persembahkan Seni - Budaya Kolosal Sumenep.
Persembahkan Seni - Budaya Kolosal Sumenep.

Persembahkan Atraksi Seni Budaya Kolosal, Bupati Sumenep Panen Simpati Masyarakat

Sumenep, blok-a.com – Acara sakral drama kolosal Prosesi Penobatan Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep juga diwarnai dengan berbagai kegiatan atraksi seni budaya.

Pantauan wartawan blok-a..com, ribuan masyarakat dari berbagai daerah tampak antusias menyaksikan setiap pertunjukan seni budaya. Seperti atraksi jaran serek, topeng dalang, saronen, dhammong kreasi, tari kolosal, dan seni musik tong-tong.

Pertunjukan berbagai kesenian dan kebudayaan lokal itu disaksikan langsung oleh perwakilam Gubernur Jatim, Bupati Sumenep dan Ketua TP PKK, Wakil Bupati, Bupati atau Walikota serta Kadisoarbud se-Jawa Timur. Selain itu ada Forkopimda Sumenep beserta istri diantaranya Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua PN, Ketua PA, Kepala Kemenag Sumenep dan Kepala BNNK Sumenep.

Dari jajaran Pejabat Pemkab Sumenep diantaranya Sekda dan para asisten beaerta istri. Ada juga Kepala OPD, Camat beserta istri. Dirut dan jajaran Direksi PT Garan. BUMN, BUMD, dan Perbankan.

“Sebagai bentuk kesyukuran di HUT ke-754 ini, kita juga mengundang sebanyak 754 anak yatim agar hadir di lokasi, menonton, dan kami berikan santunan hadiah,” ujarnya.

Wisata kota tua Kalianget saat ini sedang dimatangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep agar menjadi wisata sejarah unggulan di Jawa Timur. Di Kalianget, banyak berdiri bangunan peninggalan Belanda. pada masa itu.

Mahmud, masyarakat Kalianget sendiri mengakui jika drama kolosal penobatan Adipati Arya Wiraraja sangat menakjubkan. Apalagi ada pertunjukan seni budaya sangat menghibur masyarakat.

Hal senada disampaikan Edy, warga Saronggi yang turut hadir dalam acara terebut. Bahwa
Beragam pertunjukan seni budaya dihadirkan termasuk pawai kirab budaya diawali dengan kirab kereta kencana Arya Wiraraja. Bupati Sumenep beserta forkopimda dan jajarannya menaiki kereta kencana lalu dikirab keliling Kantor PT Garam.

Lalu diiringi musik saronen, kirab 7 kereta dan diiringi kereta masing-masing OPD serta tiap kecamatan. Ada juga atraksi jaran serek dan tong-tong serek serta pawai 7 desa se Kecamatan Kalianget.

“Ini benar-benar Sumenep makin kaya seni budaya. Semoga kerja keras Bupati Sumenep memajukan Sumenep tercapai optimal,” harapnya. (do)