Gebyar Festival Musik Tongtong se-Madura Digelar di Sumenep

Gebyar Festival Musik Tongtong se-Madura Digelar di Sumenep
Gebyar Festival Musik Tongtong se-Madura Digelar di Sumenep

 

 

Sumenep, blok-a.com – Tak henti-hentinya Pemerinfah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar berbagai acara spektakuler. Malam ini digelar Festival Musik Tongtong sebagai rangkaian menyemarakkan Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep.

Dari pantauan Blok-a.com di lokasi, puluhan group musik tongtong berjejer mulai dari Taman Potre Koning (Taman Bunga) hingga mengular sampai Labeng Mesem Pendopo Keraton Sumenep. Diikuti peserta dari berbagai labupaten se-Madura.

Tampak ribuan pengunjung sejak Sabtu (14/10/2023) sore sudah mulai memadati lokasi acara. Musik Tongtong tampak eksotis lantaran dipenuhi gemerlap lampu yang menyala di setiap sudut kendaraan yang penuh ukiran seperti patung kuda terbang dan lain sebagainya.

Gebyar Festival Musik Tongtong se-Madura Digelar di Sumenep
Gebyar Festival Musik Tongtong se-Madura Digelar di Sumenep

Luar biasanya lagi, disepanjang jalan atau rute yang bakal dilewati oleh peserta Musik Tongtong, berjejer pula puluhan PKL. Antusiasme PKL juga tak ketinggalan untuk mengais rejeki dari efek gelaran even Festival Musik Tongtong tersebut.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo sudah sering mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk menyaksikan Festival Musik Tongtong. Sebab tradisi ini merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan.

“Parade musik tongtong termasuk even spesial makanya masuk dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sumenep. Rencanya festival musik tong-tong dibuka pukul 19.00 Wib di area sebelah timur, Taman Potre Koning Sumenep, Madura dan finish di perempatan Spektra.,” terang Fauzi.

Informasi terkini, masing-masing grup tong-tong tersebut akan membawakan 5 lagi daerah pilihan serta satu dari dua lagu wajib, yakni Malate Pote dan Kembang Paseser.

Menurutnya, masyarakat harus berperan serta dalam melestarikan musik tongtong dan seni budaya lainnya. Sebab seni budaya itu perlu dukungan semua elemen di Kabupaten Sumenep.

“Festival ini tidak hanya sebagai hiburan semata, melainkan juga membangun solidaritas, merekatkan kebersamaan dan keharmonisan sosial,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, pada bulan bersejarah Oktober 2023, Pemerintah daerah dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten Sumenep telah mempersiapkan sederet acara penting, diantaranya, Drag Race (08 Oktober 2023), Festival Musik Tong-tong se-Madura (14 Oktober 2023), MTB Bumi Jokotole (15 Oktober 2023), Sumenep Tennis Tournament (20-23 Oktober 2023).

Selanjutnya Motocross Championship (21-22 Oktober 2023), Prosesi dan Pawai Budaya Hari Jadi Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget (28 Oktober 2023), Old Community Gathering (28 Oktober 2023), Madura Nigh Vaganza (28-29 Oktober 2023), Haul Raja-raja Sumenep (29 Oktober 2023). (ado/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?