Transportasi dari Malang ke Kawah Ijen, Bisa Naik Kereta

KA Tawang Alun (sumber: Wikipedia)
KA Tawang Alun (sumber: Wikipedia)

blok-a.com – Fenomena Alam Unik Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah ini terkenal dengan api biru atau blue fire yang hanya dapat dilihat di dua tempat di dunia, yaitu di Kawah Ijen dan di Islandia. 

Api biru di Kawah Ijen terjadi karena adanya reaksi kimia antara belerang dan oksigen pada suhu yang sangat tinggi, yaitu sekitar 600-800 derajat Celcius. Fenomena ini dapat dilihat pada dini hari, sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 WIB. 

Untuk menyaksikan fenomena api biru di Kawah Ijen, wisatawan harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Jarak pendakian dari Paltuding, pintu masuk Kawah Ijen adalah sekitar 3 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Bagi Anda warga Malang Raya atau yang berangkat dari Kota Malang yang ingin berkunjung ke Gunung Ijen. Terdapat rekomendasi transportasi yang mudah dijangkau, Berikut rangkumannya;

KA Tawang Alun Ke Banyuwangi 

Perjalanan menuju Banyuwangi bisa ditempuh menggunakan Kereta Api dengan keberangkatan dari stasiun Malang Kota. Rute KA Tawang Alun ini merupakan relasi Stasiun Malang – Stasiun Banyuwangi Kota.

Keberangkatan kereta ini dimulai pukul 16:46, dengan waktu tempuh selama 6 jam 37 menit. Sedangkan untuk tiketnya bisa dibeli melalui KAI acces dengan harga Rp. 62.000.

Sedangkan untuk kepulangan menuju Malang masih menggunakan kereta dan stasiun yang sama, dengan keberangkatan jam 5:45. 

Untuk harga tiketnya pun masih sama Rp. 62.000. Namun perjalanan pulangnya ditempuh dengan durasi 7 jam perjalanan.

Untuk KA dari Malang ke Banyuwangi dan sebaliknya, hanya tersedia 1 keberangkatan saja dan memiliki kelas ekonomi.

Bus Harapan Baru Ke Banyuwangi 

Selain menggunakan KA, menuju Kota Banyuwangi bisa menggunakan bus. Anda bisa naik bus ekonomi dari Terminal Arjosari Malang, menggunakan Bus Harapan Baru.

Bus ini didominasi keberangkatan di malam hari, salah satu jam keberangkatannya di pukul 21.30. Namun keberangkatan ini kemungkinan akan berbeda-beda

Tarif bus ini dipatok dengan harga Rp 85.000, Anda akan tiba di Terminal Brawijaya Banyuwangi tanpa oper bus. 

Bus Harapan Baru ini akan melewati jalan tol dan turun di beberapa kota untuk mengambil penumpang di terminal kota. Durasi tempuhnya menuju Banyuwangi sekitar 7-8 jam perjalanan.

Untuk rute bus pulang-pergi Malang hanya tersedia di Bus Harapan Baru. Sedangkang untuk bus lain pelu oper bus di Jember atau Surabaya, untuk melanjutkan perjalanan ke Malang

Minibus Damri Ke Kawah Ijen

Setelah melakukan perjalanan dari Malang ke Banyuwangi, Anda bisa langsung naik Mini Bus Damri. Bus ini akan langsung mengantar Anda dari stasiun menuju pos masuk Gunung ijen.

Untuk bisa naik Damri ini Anda perlu memesan melalui Damri Aps dan pilih titik keberangkatan Taman Sritanjung. Terdapat 2 keberangkatan di pukul 08.00 dan 23.00.

Namun bagi Anda pengguna KA bisa meminta untuk dijemput di Stasiun Banyuwangi Kota. Jadi ketika dihubungi melalui Whatsapp untuk penjemputan, minta untuk dijemput di stasiun.

Keberangkatan Minibus ini dari stasiun akan dimulai sekitar pukul 23.25. Jadi segera bergegas keluar kereta, karena datangnya kereta berdekatan dengan penjemputan Damri.

Sedangkan Anda pengguna transportasi bus, bisa memilih pemberangkatan di jam 08.00.

Dengan perjalanan selama 2 jam, Anda akan tiba di Kawah ijen sekitar pukul 10.00 atau 01.00 tergantung jam keberangkatan. Harga tiket Damri ini dipatok Rp. 7.200 per orang.

Namun bagi Anda pengguna KA untuk kepulangan dari Kawah Ijen, mungkin butuh tempat penginapan di Banyuwangi Kota. Karena Damri ada 2 keberangkatan dari Kawah Ijen di jam 09.00 dan 14.00.

Lalu akan tiba di Taman Sritanjung jam 11.00 dan 16.00, sedangkan keberangkatan KA menuju Malang pukul 05:45. Jadi anda perlu menunggu selama 13 jam sebelum keberangkatan KA untuk pulang.(mg4)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?