Pencarian Hari Ketiga Mahasiswa UB di Pantai Jembatan Panjang Malang

Pencarian Hari Ketiga Mahasiswa UB di Pantai Jembatan Panjang Malang
Pencarian Hari Ketiga Mahasiswa UB di Pantai Jembatan Panjang Malang

Kabupaten Malang, blok-a.com – Tim SAR Gabungan yang langsung dikomandani Basarnas Surabaya dalam pencarian 3 orang wisatawan sekaligus mahasiswa UB yang belum ditemukan di Pantai Jembatan Panjang Malang.

Mereka adalah satu WNA asal Switzerland, Jana Olivia Soland (24), dan dua WNI yakni I Made Indraprastha (37) warga Jalan Ikan Gurami Dalam H-2/4 Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, dan Bayu Perbangsa (40) warga Perum Casablanca Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Kini , di hari ketiga tim SAR gabungan kerahkan puluhan personel dari sejumlah unsur untuk operasi pencarian mahasiswa UB di sekitar Pantai Jembatan Panjang Malang.

“Saat ini seluruh Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian. Kami berharap tiga orang yang hilang dalam pencarian ini ditemukan dalam kondisi selamat,” kata Kepala Basarnas Surabaya, Muhamad Hariyadi, Senin, (10/7/2023).

Hariyadi menjelaskan, ada total 90 personel gabungan dari beberapa unsur yang dilibatkan dalam pencarian wisatawan di Pantai Jembatan Panjang. Dari jumlah tersebut dibagi menjadi enam tim yang mencari di berbagai kawasan.

Regu satu berjumlah enam orang melakukan pencarian menggunakan kapal LCR dari wilayah menyisir pesisir pantai sampai ketengah laut berangkat dari Pantai Sendangbiru ke Pantai Bantol.

Kemudian regu dua sejumlah 4 orang menggunakan kapal jukung menyisir pantai sampai ketengah laut, berangkat dari Pantai Sedangbiru sampai ke Pantai Bantol.

“Regu tiga mencari di wilayah Pantai Jembatan Panjang ke Pantai Regent, serta regu empat dari wilayah Pantai Regent ke Pantai Krambil. Regu tiga dan empat terdiri dari Relawan dan masyarakat Pantai Jembatan Panjang,” urainya.

Hariyadi melanjutkan, regu lima mencari dari Pantai Tanjungsirap ke Pantai Kondang Merak, terdiri dari relawan dan masyarakat sekitar. Terakhir regu enam mencari di wilayah Pantai Kondang Merak ke pantai Banyumeneng.

“Pencarian juga dilakukan dengan menggunakan drone dan jukung, baik jukung punya Basarnas maupun nelayan,” jelas dia.

Sebelumnya, ada total lima orang wisatawan yang hilang terseret ombak. Kejadian ini dilaporkan terjadi pada Sabtu, 8 Juli 2023. Awalnya kedua mahasiswa asal Spanyol bernama Anna dan Janna mahasiswa asal Swiss hendak menepi usai melakukan paddle surfing.

Namun karena ombak pasang keduanya tertahan di batu karang besar di tengah lautan. Kemudian tiga orang pemandu wisata dan pemimpin perjalanan berusaha menolong dengan menyusul ke batu tersebut. Tetapi kelimanya justru tersapu ombak besar.

Total hingga Minggu sore, 9 Juli 2023, telah ada dua orang wisatawan yang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Kedua orang tersebut yaitu Muhammad Ruspandi alias Pendik sebagai Guide. Terbaru adalah Ana Brieva Ramirez, mahasiswi asal Spanyol yang ditemukan di perairan Pantai Bantol. (mg1/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?