Keren, Tim APPATE Brawijaya Berhasil Juarai Ajang Internasional di Mandalika

Tim APPATE Brawijaya Mahasiswa UB Lombok
Tim APPATE Brawijaya saat juara di kompetisi di Lombok (ist.)

Kota Malang, blok-A.com – Tim 2 Appate Elang Perkasa berhasil raih juara 1 pada kategori Prototype Hidrogen Fuel Cell di ajang internasional yang diselenggarakan oleh Shell Eco-Marathon 2022 pada 11 Oktober hingga 15 Oktobe 2022 silam.

Dalam kompetisi internasional yang bertempat di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB), perwakilan tim Appate Elang Perkasa Team 2 masuk dalam kategori kendaraan Prototype yang menggunakan energi dari Hydrogen Fuel cell.

Tim manajer, Heaven Josiah Harvan menuturkan kendaraan tersebut mengutamankan efesiensi dari segi bentuk kendaraan serta penggunaan energi serta memiliki bentuk yang unik.

“Bentuknya kecil, tingginya dibawah satu meter, menggunakan tiga roda, dan menggunakan energi listrik dari hidrogen fuel cell,” tutur Heaven.

Lebih lanjut Heaven menjelaskan, listrik dari kendaraan tersebut dihasilkan langsung dari reaksi hidrogen dengan oksigen. Dengan konsumsi gas hidrogen mencapai 361 km per meter kubik.

Namun saat proses pembuatan prototype, Heaven mengaku menemui beberapa kendala salah satunya terkait penyesuaian suhu.

“Kita harus cari lokasi yang mirip dengan sirkuit Mandalika, kendaraan dengan menggunakan Hidrogen Fuell Cell ketika panas seringkali tidak mau menyala. Sampai kita mencoba sirkuit di gelora Bung Tomo Surabaya untuk mendapatkan data aktual dan penyesuaian yang harus dilakukan pada kendaraan kita,” ungkapnya.

Dengan keberhasilan yang diraih tim Appate pada tahun ini, Heaven berharap tim dapat terus mempertahankan capaian prestasi tersebut untuk tahun tahun berikutnya.

“Kedepannya,kami berharap hasil riset saat ini bisa di kombinasikan dengan ilmu terbaru dan tentunya disesuaikan dengan sirkuit yang ada,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, Dosen Pembimbing tim Waru Djuriatno, ST., MT pada ajang internasional yang digelar oleh Shell Ecomaraton, UB mengirimkan dua tim.

Tim 1 Appate Elang Perkasa untuk kategori urban concept baterai elektrik sedangkan Tim 2 Appate Elang Perkasa untuk prototype hidrogen fuel cell.

Apatte Elang Perkasa Tim 1 dengan nama Kendaraan Marsela EV beranggotakan Fahri Fauzan (Team Manager), M. Rizky Akbar (Driver), Fachtur Rozi Al.Fitrah, Irfan Nadhif M
Adhi Setya Triatmaja, M. Faiz Luthfianto, Rachma Gusti Nararita, Fadhil Trisetyatmaja dan M. Anwarul ‘Ibad

Apatte Elang Perkasa Team 2 dengan nama kendaraan Anagata FCV beranggotakan
Heaven Josiah Harvan (Team Manager), Natalia Fitri Clerin S (Driver), Ilham Ridwan, Ilham Rusdandi, Faturrahman, M. Agra Maulana, M. Iqbal Ashari, M. Fajar Nurrohman dan M. Rizky Ariyanto. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?