Sosok Sanusi Bupati Malang: Awali Karir Sebagai Guru, Sempat Diminta Orang Tua Jadi Petani

bupati sanusi
Bupati Kabupaten Malang, Drs HM Sanusi MM (foto: Instagram/@prokopimkabmalang)

Blok-a.com – Bupati Kabupaten Malang, Drs HM Sanusi MM memiliki perjalanan karir yang sangat panjang. Sebelum berkiprah di dunia politik, Sanusi sempat menjalani karir dibidang pendidikan.

Pria kelahiran Malang, 20 Mei 1960 itu mengawali karirnya menjadi guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pisang Candi Malang dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Tak hanya guru sekolah, Sanusi juga pernah menjadi dosen di Fakultas Syariah Universitas Islam Malang (Unisma), dan sempat menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah di Unisma.

Di sela-sela waktu mengajar sebagai guru, Sanusi memanfaatkan waktu luangnya untuk bergabung diberbagai organisasi.

Di awal era 1990-an hingga pertengahan, Sanusi menjadi pengurus di departemen koperasi PC GP Anshor Kabupaten Malang. Lalu menjadi sekretaris PAC GP Anshor Gondanglegi (1994-1997), ketua PAC GP Anshor Gondanglegi (1998-2001).

Sanusi sebelumnya juga sempat dilarang oleh kedua orang tuanya untuk terjun di dunia politik. Ia diminta untuk meneruskan usaha kedua orang tuanya yakni menjadi petani tebu.

Pria nomor satu di Kabupaten Malang itu baru benar-benar terjun di dunia politik saat Presiden RI ke-4 KH Abdulrahman Wahid atau Gus Dur mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia pun bergabung dalam partai tersebut lantaran menggemari sosok Gus Dur.

Selama menjadi kader PKB, beberapa jabatan penting diemban oleh Sanusi. Di antaranya Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Malang pada periode 1999-2004. Periode berikutnya Sanusi didapuk sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang periode 2004-2014.

Setelah tiga periode menjadi wakil rakyat, pada 2015 Sanusi sempat memutuskan untuk berhenti di dunia politik. Keputusan itu datang karena dia dan keluarga ingin menjadi petani tebu.

Namun keinginan tersebut kandas lantaran Rendra Kresna melamarnya untuk maju bersama di Pilkada Kabupaten Malang. Sanusi akhirnya setuju untuk menemani Rendra Kresna maju di Pilkada. Keduanya, terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malang periode 2016-2021.

Kemudian pada Oktober 2018, Sanusi menggantikan Rendra Kresna yang terjerat kasus korupsi. Akhirnya Sanusi didapuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang.

Pada Pilkada Kabupaten Malang 2020, HM Sanusi kemudian berduet dengan Didik Gatot Subroto yang menjadi kandidat wakil bupati. Keduanya pun terpilih dan resmi memimpin Kabupaten Malang periode 2021-2024.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?