Warga Sumberagung Sambut Baik Program Pemberdayaan Masyarakat PT BSI

img 20221214 wa0071

Banyuwangi blok-a.com – Warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran menyambut baik program pemberdayaan masyarakat yang diluncurkan oleh PT Bumi Suksesindo.

Bahkan program ini menjadi perhatian masyarakat. Pasalnya, program tersebut usulan dari masyarakat, dengan target penerimanya masyarakat, dan pelaksana juga dari masyarakat.

Program pemberdayaan masyarakat ini terungkap ketika warga desa Sumberagung menyampaikan kepada tim Terpadu Forpimda Banyuwangi saat menggelar sosialisasi tentang investasi PT BSI yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, dipimpin Plt Kepala Kesbangpol Banyuwangi, Muhammad Lutfi, dan dihadiri perwakilan dari Polresta Banyuwangi, dan perwakilan dari Kodim 0825 Banyuwangi.

Dalam sosialisasi tersebut, dihadiri perangkat desa Sumberagung, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Karang Taruna Desa Sumberagung, sangat mengapresiasi program yang diluncurkan oleh pelaku investasi tersebut, dikarenakan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Bahkan, peserta sangat antusias mengikuti acara sosialisasi, untuk menyampaikan aspirasinya kepada tim Terpadu Forpimda Banyuwangi, dengan harapan apa yang diusulkan mendapat respon demi kemajuan desa Sumberagung.

“Kami memiliki permohonan agar program yang menyentuh masyarakat dapat terlaksana secara berkelanjutan,” ucap Suroso, salah satu warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung.

Keinginan tersebut agaknya tak heran jika terlontarkan. Pasalnya, hingga saat ini PT BSI selaku anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, memang tak main-main dalam memenuhi komitmennya untuk terus memberikan manfaat dengan konsep pemberdayaan guna menjalin sinergi antara perusahaan dengan masyarakat ring satu.

Banyak program perusahaan yang terfokus untuk memihak kepada masyarakat dan untuk kemajuan rakyat. Semisal pendidikan, kesehatan, infrastruktur hampir semua bidang terlaksana melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

Tak heran jika konsep yang menghasilkan dampak positif yang diterapkan oleh perusahaan tambang emas ini bertabur dukungan.

Lebih lanjut, Ketua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Gangga Jaya, Desa Sumberagung, Yogi Tornando, juga menyampaikan aspirasinya kepada perusahaan.

“Permintaan kami adalah supaya pelaksanaan program perusahaan yang bersifat pemberdayaan dapat disinergikan dengan BUMDes dapat terus sejalan,” katanya.

Di Desa Sumberagung, terdapat destinasi wisata dengan potensi luar biasa, salah satunya yakni pantai Pulau Merah. Sebagai wujud mendukung tumbuh kembang sektor pariwisata, sekaligus usaha mendorong kesejahteraan, PT BSI sebagai perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tersebut kerap menyalurkan bantuan kepada para pedagang di area wisata dibawah pengelolaan Bumdes.

Tidak ketinggalan, Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumberagung, Arofatul Khusnah, meminta PT BSI agar melanjutkan program dukungan terhadap kegiatan PKK, khususnya untuk Posyandu.

Untuk diketahui, PT BSI merupakan perusahaan pertambangan emas Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Selain telah memiliki legalitas resmi dari pemerintah, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk ini juga ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional (Obvitnas) sejak 16 Februari 2016, oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melalui Surat Keputusan Nomor : 651 K/30/MEM/2016. (*)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?