Waktu dan Jenis Olahraga yang Tepat saat Puasa

olahraga puasa
Ilustrasi foto olahraga (foto: everydayhealth.com)

Blok-a.com – Menjaga rutinitas olahraga di bulan puasa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Pasalnya, saat berpuasa tubuh menjadi kekurangan cairan, sehingga mudah lemas.

Para ahli tetap menyarankan agar orang yang menjalankan puasa masih berolahraga setidaknya 150 menit per minggu atau 30 menit setiap hari.

Pada dasarnya, olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berolahraga dengan rutin tidak hanya membantu mengontrol berat badan, tetapi juga menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa?

Ada sejumlah waktu yang disarankan untuk berolahraga saat berpuasa untuk mengantisipasi kemungkinan efek buruk yang bisa terjadi.

Adapun waktu yang ideal untuk berolahraga saat puasa adalah dekat dengan waktu loading, yakni waktu tubuh mendapat asupan karbohidrat serta waktu hidrasi, yaitu :

  • Setelah subuh┬ámerupakan kondisi ketika tubuh sudah menerima asupan nutrisi dan hidrasi dari makan sahur. Rasa haus yang timbul di waktu ini masih dapat dikompensasi oleh tubuh dengan adanya respon renin-angiotensin-aldosteron yang mampu menahan air di dalam tubuh.
  • Sebelum magrib┬ámerupakan kondisi ketika tubuh akan menerima asupan makanan dan hidrasi saat buka puasa. Namun waktu ini beresiko dehidrasi dan hipoglikemi apabila berlebihan.
  • Setelah salat tarawih dan sebelum tidur┬ámerupakan kondisi ketika tubuh sudah menerima asupan nutrisi dan hidrasi dari buka puasa. Waktu ini bisa menjadi pilihan agar tidak mengganggu ibadah kita di bulan Ramadan.

Jenis Olahraga

1. Jalan Santai

Jalan santai masih menjadi favorit berolahraga disaat puasa. Selain mudah, murah dan dapat dilakukan di sekitar lingkungan rumah,dengan jalan santai kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung, otot, tulang serta sendi tanpa harus mengeluarkan banyak keringat dan menguras energi.

2. Bersepeda

Bersepeda bisa  mengencangkan otot dan menyehatkan jantung. Selain itu bersepeda saat berpuasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda pikiran jadi lebih tenang dan fresh/rileks. 

3. Jogging

Jogging sebenarnya mirip dengan jalan santai, namun dengan ritme yang sedikit lebih cepat. Tidak perlu khawatir, jogging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja asal tetap memperhatikan itensitas dan ketahanan tubuh masing-masing.

4. Yoga

Yoga termasuk olahraga yang ringan karena tidak terlalu menguras energi. Berlatih yoga saat berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar dan lebih rileks. Selain itu yoga juga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh. 

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?