Video Detik-detik Joe Biden Jatuh di Acara Wisuda, Begini Kondisinya Sekarang

Blok-a.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terjatuh diatas panggung saat membagikan ijazah di acara kelulusan Akademi Militer Angkatan Udara AS 2023 di Colorado, Kamis (1/6/2023).

Video detik-detik Joe Biden jatuh itu beredar di media sosial salah satunya diunggah oleh akun Twitter @bennyjohnson pada Jumat (2/6/2027).

Dalam video yang beredar, Biden tengah berada di panggung kelulusan menyampaikan pidato pembukaan kepada lulusan akademi. Dia diketahui telah menghabiskan lebih dari 90 menit membagikan ijazah dan memberi selamat kepada ratusan taruna.

Usai memberi sambutan dan hendak kembali ke belakang panggung, tiba-tiba saja Joe Biden terjatuh. Sontak, orang di sekitarnya langsung membantu Biden untuk bangkit.

Setelah terjatug, dia menunjuk ke belakang, seperti mengisyaratkan bahwa dia telah tersandung karung pasir yang digunakan untuk menahan teleprompter di tempatnya.

Tak lama setelah video insiden tersebut beredar, Direktur Komunikasi Gedung Putih, Ben LaBolt kemudian membeberkan kondisi terbaru Biden usai kejadian tersebut. Menurut keterangannaya, Biden saat ini dalam kondisi baik.

“Dia baik-baik saja,” katanya.

“Ada karung pasir di atas panggung saat dia berjabat tangan,” lanjut LaBolt.

Biden sendiri menjadi presiden tertua AS dan dokter presiden di Gedung Putih telah mengakui bahwa gaya berjalan Biden menjadi kaku secara signifikan seiring bertambahnya usia, yang menyebabkan berjalan jauh lebih lambat dan kurang stabil.

Ini bukan pertama kalinya Joe Biden terjatuh di depan publik. Hingga tahun ini, Presiden AS itu tercatat tiga kali jatuh di depan publik, termasuk dengan insiden ini.

Sebelumnya, Biden pernah tersandung dua kali ketika menaiki tangga pesawat Air Force One pada 20 Maret 2021. Dia sedang dalam perjalanan bersama wakilnya, Kamala Harris, menuju Atlanta untuk bertemu dengan komunitas keturunan Asia-Amerika setelah peristiwa penembakan.

Pejabat Gedung Putih mengatakan dia baik-baik saja dan tidak memerlukan tindakan medis.

Biden juga pernah jatuh dari sepeda pada 19 Juni 2022 ketika dia sedang menyapa kerumunan warga di Delaware, kampung halamannya. Dia mengatakan kehilangan keseimbangan saat hendak menarik kakinya dari sadel sepeda.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?